Pengemis Asal Jerman yang Hebohkan Warga Diamankan Polisi


pengemisSeorang pria warga negara Jerman bernama Benjamin Holst terlihat sangat terpaksa mengemis di Bali. Kegiatan mengemisnya itu ia lakukan di traffic light Jalan Bypass Ir Soekarno – Hatta, Delod Peken,Tabanan beberapa waktu lalu. Kemudian pria 27 tahun itu dikabarkan kembali meminta-minta di kawasan Kuta, Badung, Jumat (9/9/2016).

Bule itu rupanya menderita penyakit kaki gajah dan tak tersentuh oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP) yang umumnya kejam kepada pengemis lokal. Tapi, Benjamin tidak menghiraukan itu.

Sedangkan hasil mengemisnya itu, akan Benjamin gunakan untuk berfoya-foya di tempat hiburan malam. Benjamin dalam sehari-harinya menyewa sepeda motor dan tinggal di sebuah penginapan di kawasan Legian, Bali.

Dikutip dari fajar.co.id, Satpol PP Badung akan melacak keberadaan bule pengemis itu dan saat ini pihaknya telah menerima laporan terkait hal tersebut.

Tak hanya di Kuta, bule itu dikabarkan juga mengemis di Dalung dan Denpasar.

“Iya kami juga sudah mendapat laporan itu (bule mengemis, red). Kita masih konfirmasi dulu dan kami cek dulu,” kata Kepala Satpol PP Badung, I Ketut Mart.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Marta akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Badung dan pihak imigrasi.

“Karena kewenangan penanganan orang bule ada di imigrasi. Meski demikian, tetap akan kita tindaklanjuti,” lanjutnya.

Sedangkan menurut Kadisosnaker Badung IB Oka Dirga, wewenang penindakan Benjamin ada di Satpol PP. Namun, untuk kewenangan Disosnaker hanya merehabilitasi.

“Cuma sekarang itu kan warga negara asing, jadi kami tentu harus koordinasi dengan Imigrasi,” katanya seperti dikutip Jawa Pos Radar Bali.

Benjamin sempat menjadi sorotan media sosial karena mengemis di pinggir jalan. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa ia kerap berpindah-pindah dari Thailand, Filipina, hingga ke Indonesia.

Namun, saat ini pria Jerman itu telah berada di Surabaya. Dia diamankan oleh petugas Satpol PP lantaran berada di pinggir jalan dan bertingkah layaknya seorang pengemis.

Bule itu terpantau petugas Satpol PP di kawasan Jalan Kayoon Surabaya. Sebelumnya, petugas mendapatkan informasi mengenai Benjamin dari laporan warga. Saat ini, pria itu telah diamankan di Kantor Satpol PP di Surabaya pada Minggu (11/9/2016) pagi.

Staf penindakan Satpol PP Surabaya, Rahmadani mengungkapkan Benjamin mengaku tiba di Surabaya sejak hari Minggu pagi.

“Dia mengaku mau ke Jakarta sore ini, dan sempat menunjukkan bahwa dia memiliki uang Rp 8 juta,” kata Rahmadani, dikutip dari kompas.com.

Hingga saat ini, jelas Rahmadani, kesulitan untuk mengidentifikasi lantaran terkendala bahasa. Hingga sore (11/9/2016), Satpol PP membawa Benjamin ke RSU Soewandi untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDaging Kurban Jangan Dibungkus dengan Plastik Hitam. Kenapa?
Berita berikutnyaMalam Takbiran di Makassar Diguncang Ledakan Keras, Puluhan Rumah dan Toko Rusak