Arcandra Dipecat, Luhut Tawarkan Pengelolaan Migas Natuna ke Malaysia


Premier-Oil-First-Natuna-Sea-Block-A-gas-flows-under-new-DSA-deal

Pemerintah belum memiliki Menteri Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) yang definitif setelah Arcandra Tahar dipecat. Meski demikian, Kementerian ESDM sudah menawarkan pengelolaan potensi migas di Natuna pada Petronas, perusahaan asal Malaysia.

Dilansir dari jpnn.com, Pemerintah menawarkan perubahan pola bagi hasil migas untuk memancing minat perusahaan pelat merah Malaysia itu. Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sudah membicarakan hal tersebut dengan pemerintah Malaysia.

Luhut berharap Petronas bersedia menggarap blok yang memiliki cadangan gas diperkirakan mencapai 46 triliun kaki kubik tersebut bersama Pertamina.

Salah satu alasan diberikannya hak pengelolaan blok Natuna ke Petronas adalah masalah tekhnologi dan investasi. Di wilayah tersebut gas buminya mengandung 70 persen karbondioksida. Hasil dari pembicaraan bilateral di Putrajaya, Malaysia, Petronas mengaku memiliki teknologi yang dibutuhkan untuk menggarap Natuna.

Sebagai kompensasi masuknya Petronas ke Natuna, Pertamina akan dilibatkan dalam pengelolaan potensi migas di Malaysia. ’’Nanti dicarikan blok yang tepat,’’ kata Luhut.

Saat ini, konsesi Block East Natuna dimiliki konsorsium yang beranggotakan Pertamina, PTT Thailand, dan ExxonMobil.

Pertamina melalui Dirut Pertamina Dwi Soetjipto beberapa waktu sebelumnya telah memastikan tidak ada investor baru yang masuk dalam pengelolaan blok tersebut.

Dalam waktu dekat, BUMN energi tersebut juga menandatangani kontrak bagi hasil dengan insentif khusus yang dijanjikan Kementerian ESDM. Luhut mengakui, insentif khusus sangat penting karena pada 2012 Petronas mengundurkan diri dari konsorsium penggarap Natuna.

Petronas menarik diri karena merasa kurang puas terhadap bagi hasil yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang tertuang dalam PP Nomor 79 Tahun 2010. Hal tersebut membuat Luhut berinisiatif merubahnya agar mereka tertarik.

’’Saya katakan itu akan diubah dan mereka tertarik,’’ ucapnya.