Temuan Mengejutkan di Pondasi Candi Puntodewo Ini Gegerkan Masyarakat, Karena…


candi-semar-salah-satu-candi-di-komplek-candi-arjuna_20160827_095740

Candi merupakan sebuah bangunan sakral bagi masyarakat Hindu maupun Budha di masa lalu. Namun sebuah temuan mencengangkan terjadi, ketika sebuah tim dinas purbakala melakukan pemugaran terhadap salah satu candi Hindu, yakni Candi Puntodewo yang berada di wilayah Banjarnegara Jawa Tengah.

Seperti dilansir dari Wonosobozone (27/08/2016), sebuah laporan dari event Festival Dieng menyebutkan bahwa di dasar pondasi Candi Puntodewo yang tengah dilakukan restorasi, ditemukan sebuah kepingan perak yang terlihat mulus bersih, namun yang sangat mengejutkan ternyata di atas kepingan berdiameter kurang lebih 15 cm terdapat pahatan dengan huruf arab atau mungkin bisa disebut dengan rajah.

from @visitdieng – from @festivaldieng Sebuah penemuan didasar candi puntadewa yang kini telah dipugar pada hari rabu siang oleh tim pugar dari dinas purbakala setempat, penemuan berupa perak dengan diameter 12cm bertuliskan huruf arab, berada didasar candi di kedalaman 50cm setelah pondasi dasar,” tulis Wonosobozone dalam keterangan postingannya.

Yang menjadi kontroversi adalah, dimana era Candi Puntodewo sendiri didirikan pada jaman Kerajaan Hindu, dimana saat itu menurut sejarah Islam dan para saudagar dari Arab belum masuk ke Tanah Air. Islam baru dikenal di Nusantara, berabad- abad kemudian.

Praktis temuan ini menjadi bahan perbincangan di masyarakat, khususnya para netizen. Ada diantara mereka yang kebingungan, ada pula yang menganggap temuan ini hanyalah hoax dan sekedar mencari sensasi. Namun ada pula yang mengakaitkan temuan ini dengan sebuah teori yang menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman berasal dari Nusantara.

14064007_1097542310294891_8760767956200138381_n

“Ming sekedar komen ngih…
#alangkah bijak nya JIKA kita tidak memgambil,merubah apalagi merusak.
Nek pun ngertos kl ada sesuatu di dalam nya ngih pun..di wangsulke malih.
kiyambak mbtn ngertos nopo maksude saking benda benda niku di tanam.
Menowo nguwati bangunan,nguwati kawasan sekitar nya dan banyak kemungkinan² baik yg lain.
cukup belajar dari dokumentasi mawon.
Niku mangkih di wangsulke wangsulke malih.
Menurut saya itu yg di sebut menjaga warisan leluhur.
” Ujar akun Sita Cipaloma.

“Nah lho… apakah jaman hindu dulu sudah pake aksara arab..? ini penemuan luar biasa… tes karbon biar bisa tahu umur benda iru..” kata pemilik akun Wisnoe Widianto.

“Katanya Peninggalan Nabi Sulaiman A.S
Udh pernah denger penajiane.. tpi lupa nama kyainya,”
siapa imbuh pemilik akun Rian Al Farizi

“saya curiga ini temuan palsu. ukiran n kondisinya aneh,” kata akun Luqman Riadus Solichin.

Bila diperhatikan memang perak yang ditemukan tersebut seperti baru dan terlihat tidak terjadi korosi ataupun oksidasi, padahal benda yang belum ada penjelasannya tersebut dikabarkan sudah terkubur selama berabad- abad.

Nah, bagaimana menurut anda? Yang pasti memang Tanah Air kita ini menyimpan banyak sekali peninggalan budaya luhur yang masih belum ditemukan oleh kita.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKisah Tenarnya Aa Gatot Berkat Reza Artamevia
Berita berikutnyaWaspada! Situs “Cek KTP” Yang Kini Banyak Beredar Ternyata Palsu, Baca dan Sebarkan!