Keren! Galangan Kapal di Banyuwangi Ini Berhasil Produksi Kapal Tank Pertama di Dunia


berita-banyuwangi-kapal-tank-pertama-indonesia-diproduksi-di-banyuwangi_20160815_130812

Senjata dan peralatan perang bikinan Indonesia kini makin memiliki nama di mata dunia, setelah sebuah galangan kapal yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berhasil memproduksi Kapal Tank yang pertama di dunia.

Dilansir dari Kompas, Republik Indonesia mendapatkan kado manis pada hari jadinya yang ke-71 tahun ini, dengan keberhasilan PT. Lundin Industry Invest Banyuwangi, memproduksi massal kapal perang berteknologi tinggi yang pertama di dunia.

Kapal tank ber kode X 18 Tank Boat ini sendiri sebenarnya mengambil basis teknologi dari Swedia, namun dikembangkan dan dibuat menjadi alat tempur baru di Banyuwangi. X 18 sendiri merupakan kapal dengan senjata besar namun berbobot ringan. Kapal baru ini memadukan kekuatan dan persenjataan berat tank, dengan kapal cepat di lautan. Kendaraan air ini dirancang untuk menjelajahi perairan rawa, sungai, selat serta lautan dangkal.

Pembuatan kapal tank itu bekerja sama dengan Cockerill Maintenance Ingenierie (CMI) Defence, perusahaan Belgia yang bergerak di bidang mechancial engineering. Khusus untuk TNI,sedangkan persenjataan kapal disuplai oleh PT Pindad.

X18 Tank Boat memiliki panjang 18 meter dengan kecepatan 40 knot. Kekuatan yang dimiliki 2 x 1.200 tenaga kuda. Kapal itu bisa memuat 6 kru dengan 20 tentara.

Menurut Presiden Direktur PT Lundin Industry Invest John Ivar Lundin, kapal itu didesain khusus untuk negara yang mempunyai banyak sungai dan kepulauan seperti Indonesia.

Kapal dilengkapi dengan meriam, lebih stabil, dan bergerak cepat di air. Bahan kapal terbuat dari karbon fiber komposit yang ringan dan tahan api. Bahan itu merupakan bahan yang biasa dipakai dalam pembuatan badan pesawat terbang. X18 Tank Boat juga mempunyai dua lambung kapal yang bisa membuat kondisi kapal lebih stabil. Kondisi itu memudahkan tugas navigasi dan membidik sasaran tembak. Kapal ini juga bisa memuat pesawat tanpa awak dan kapal kecil seperti yang dimiliki Komando Pasukan Khusus.

Patrick Ledig, Vice Presiden CMI Defence untuk Indonesia yang mengerjakan desain kapal, mengatakan, selama ini belum ada peralatan pertahanan yang bisa digunakan di daerah berawa, sungai, dan di muara. X18 Tank Boat adalah tank air pertama yang diproduksi di dunia.

Menurut rencana, kapal tank akan dipasarkan ke negara lain seperti Filipina, negara-negara Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan yang memiliki banyak rawa dan sungai seperti Indonesia.

750x500-rusia-pesan-kapal-tank-anti-teroris-buatan-banyuwangi-160818w

Selain kapal tank, Lundin juga telah memproduksi kapal X2K anti teroris. Kapal itu telah dijual ke 12 negara, di antaranya Rusia, Malaysia, dan Brunei. Menurut Lundin, salah satu keistimewaan kapal X2K adalah ringan, berkecepatan hingga 50 knot, dan bisa menempel langsung ke kapal sasaran.

Kapal itu merupakan kapal anti teroris dan pembajakan karena bisa merapat secara senyap. Kapal itu juga dipakai sebagai kapal penyelamat dan patroli, serta didesain memuat senjata ringan. “Ada kebanggaan, Rusia memilih membeli alat tempur dari Indonesia,” kata Lundin.

Menurut Lundin, selain teknologi yang digunakan adalah teknologi yang canggih standar Eropa, Rusia memilih membeli kapal tempur dari Indonesia karena dinilai lebih netral. Rusia tidak akan membeli persenjataan buatan negara-negara Eropa.

Sebelumnya, PT Lundin Industry Invest membuat kapal siluman trimaran atau kapal siluman berlambung tiga.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBikin Geger! Cewek Berhijab Ini Berani “Buka-Bukaan” di Bigo Live
Berita berikutnyaTernyata, Nazi Ikut Berjasa dalam Kemerdekaan Indonesia