Hebat! Inilah Peraih Medali Pertama Untuk Indonesia di Olimpiade 2016


sri-wahyuni-afp-p-730x355

Akhirnya perhelatan olahraga tingkat dunia Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil secara resmi dibuka. Banyak kontingen dari berbagai negara unjuk kebolehannya untuk mendapatkan medali.

Di Olimpiade ini, Indonesia juga menjadi salah satu kontestan yang ikut berlaga. Medali pertama yang berhasil diraih oleh atlet Indonesia adalah pada cabang angkat besi. Sang peraih medali tersebut Sri Wahyuni . Ia memenangkan sesi angkat besi putri pada kelas 48 kilogram.

Dia mendapatkan medali perak setelah memperoleh total angkatan 192 kg (snatch 80 kg dan 107 kg clean and jerk). Wanita berusia 21 tahun ini merupakan salah satu andalan Indonesia di cabang angkat besi yang dapat membuat kejutan di Olimpiade 2016 Brasil.

Prestasinya terus meroket dari tahun ke tahun. Salah satu buktinya adalah pada bulan Juli 2014 lalu, dia menyabet 2 emas dan 1 perak dari Kejuaraan Dunia Junior Angkat Besi yang dihelat di Kazan, Rusia. Tatkala pembacaan perolehan medali diumumkan, keharuan dan kebanggaan terpancar di Rio Centro/ Pavilion 2, di mana atlet asal Indonesia berada.

Dengan keberhasilannya ini, Menpora Imam Nahrawi yang secara langsung datang untuk mendukung para pahlawan Tanah Air di Brasil, tak kuasa menahan air mata. Bahkan kegembiraannya terpancar saat lifter putri tim Merah Putih tersebut berhasil meraih medali perak.

“Alhamdulillah, awalan yang baik bagi tim Merah Putih dengan medali pertama (perak) dari Sri Wahyuni. Keberhasilannya dapat menjadi penyemangat baru bagi atlet lain untuk meraih yang lebih baik. Yuni ini masih muda dan produktif, sehingga saya yakin untuk olimpiade berikutnya akan dapat meraih hasil yang lebih baik. Selamat ya Yuni, bonus dari pemerintah sebesar 2 miliar telah menjadi hakmu,” ungkap Imam Nahrawi seperti yang dilansir oleh sindonews (7/8/2016).

Selain Imam Nahrawi dan para rekannya yang berada di Brasil, keberhasilan Sri Wahyuni ini juga mendapatkan respon positif dari netizen di Indonesia. Bahkan, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zuklifli Hasan, memberikan pujian kepada lifter yang akan berulang tahun sebentar lagi ini melalui akun media sosial pribadinya.

“Bangga dengan Sri Wahyuni Agustiani yang meraih medali pertama Indonesia. #Optimistis Medali lain bisa menyusul #wighlifting” tulis Zuklifli.

Keberhasilan Sri Wahyuni ini merupakan salah satu tradisi Indonesia dalam memperoleh medali di cabang angkat besi dari setiap perhelatan Olimpiade. Walaupun hanya berhasil mendapatkan medali perak, tetapi usaha dan kerja keras Sri Wahyuni patut mendapatkan apresiasi.

Di cabang yang sama, yang mendapatkan medali emas adalah lifter dari Thailand yang mampu mengangkat beban dengan total 200 kg. Sedangkan di posisi ke tiga diraih oleh Hiromi Miyake dari Jepang dengan total angkatan 188 kg.