Oalah, Tahun Ini Banyak Bikin Tol, Tapi Indonesia Malah Catat Rekor Kemacetan Terparah Dalam Sejarah


macet-di-brebes-timur-1-juli-ok_20160701_190837

Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum, menyatakan bahwa pembangunan banyak ruas tol di Pulau Jawa akan mampu mereduksi kemacetan yang diakibatkan gelombang mudik. Tapi pada kenyataannya tahun ini Indoenesia malah berhasil mencatatkan  rekor kemacetan terparah dalam sejarah transportasi darat.

Diluar prediksi, ruas jalan Brebes atau yang kini dikenal dengan Brebes Exit (Brexit) menjadi simpul mati dalam kemacetan di jalur lintas Jawa pada musim mudik tahun ini. Kemacetan yang terjadi di ruas Tol Kanci Pejagan ini sungguh luarbiasa parah. Panjangnya arus antrian kendaraan mencapai 32 kilometer. Dengan begitu lama antrian bisa mencapai 8 hingga 12 jam.

Salah satu pengendara yang melintas di sana , Purwadi  lantas memuntahkan kemarahannya. Pria yang berprofesi sebagai supir tersebut menilai pemerintah tidak becus tahun ini.

“Pemerintah enggak becus urus transportasi. Kemacetan di exitTol Pejagan ini semestinya sudah diantisipasi. Pemerintah daerah Jateng, pemerintah daerah Brebes, polisi, dan Kementerian Perhubungan ngapain saja kerjanya. Ini macet terparah sepanjang sejarah Lebaran” ujarnya dengan nada tinggi kepada Kompas.

nagrek

Karena kemacetan parah ini, bahkan dilaporkan ada seorang pemudik mengalami depresi dan stres.Saat dijemput tim medis di tengah kemacetan di jalan pantura Kolonel Sugiono Tegal Kota, pengemudi itu terus berteriak-teriak.

Pihak keluarga kemudian meminta pertolongan ke posko mudik Lebaran terdekat.Pria yang mengalami depresi itu masih dalam penanganan RS Mitra Siaga Tegal.

Menurut Darmadi (55), pemudik  lainnya asal Jakarta Pusat, dia sudah terjebak kemacetan saat dalam perjalanan mulai dari Cirebon hingga ke Brebes.

“Saya masuk Kanci Cirebon jam 22.00 malam, baru sampai Pejagan sekitar pukul 10.00 siang tadi. Jadi ya sekitar 12 jam,” kata Darmadi.

Diketahui, pintu keluar tol Brebes Timur merupakan titik macet paling parah pada mudik kali ini. Ini disebabkan kendaraan dari jalur pantai utara (pantura) dan jalan tol berebutan masuk ke jalur yang lebih sempit.

Untuk mengurai antrean, polisi lalu lintas melakukan contra flow atau menetapkan jalur lain. Meskipun tetap saja butuh waktu yang lama karena padatnya kendaraan.

Sementara Pemerintah sendiri melalui Presiden Joko Widodo juga telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait dengan ‘bencana’ transportasi darat tersebut.

Seperti dilansir dari Tribunnews, menurutnya  kemacetan terjadi lantaran belum terintegrasinya jalan tol setelah Pejagan-Pemalang, dengan ujung tol yang berada di Brebes Timur.

mudik-libur-panjang-alasan-korlantas-jalur-brebes-macet-total

“Kalau sambung, dari Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, ya akan lancar,” ujar Jokowi di sela-sela pembagian paket bahan pokok di Kampung Ranca Garut, Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (04/07/2016).

Jokowi mengaku bahwa tol Pejagan-Pemalang yang baru diresmikannya pada Juni 2016 lalu memang salah satu ruas tol yang paling banyak digunakan pemudik.

Oleh sebab itu, ia berjanji akan segera menyelesaikan proyek-proyek jalan tol yang tersisa demi kelancaran arus lalu lintas di Pulau Jawa.

“Keterlambatan pembangunan (proyek tol) itu sampai delapan tahun berhenti, ada yang 20 tahun. Hal-hal seperti itu harus diselesaikan,” ujar Jokowi.
Terkait masalah yang kini menimpa Brexit, Jokowi meminta Kemenhub dan Polri bisa bekerjasama dalam mengatur arus kendaraan dengan baik. Untuk solusi dari kepadatan luar biasa ini, Jokowi menyebutkan baru bisa teratasi dalam 2 tahun ke depan, setelah semua tol Trans Jawa sudah terhubung.

Ya, masalah sudah datang, nasi sudah menjadi bubur. Masyarakat yang lelah makin lelah, mobil yang kehabisan bensin ya tetap mati. Sekali masyarakat hanya bisa mengelus dada dan bersabar… 2 tahun! http://credit-n.ru/zaymyi-next.html


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaMantap! Diam-Diam, Tim Mahasiswa Asal Bandung Ini Jadi Juara Dunia Balap Mobil di Inggris
Berita berikutnyaSeorang Pendeta Sebar Kebohongan dengan Sebut Sebagai keturunan Kiai