Waduh, Bayi yang Baru Saja Berusia 1 Tahun Ini Sudah Alami Pubertas. Ini Penjelasan dari Dokter


489a03194e

Sebuah kasus yang aneh dan jarang terjadi dialami oleh seorang bayi berusia satu tahun yang tiba-tiba memasuki masa pubertas. Wajahnya mulai ditumbuhi bulu, dan memiliki organ seksual mirip orang dewasa.

Bukan hanya itu, seperti ciri-ciri pria puber pada umumnya, suara bayi kecil ini juga tiba-tiba berubah. Sementara tubuhnya, tumbuh lima inci lebih tinggi dari balita seusianya. Anak laki-laki di Delhi ini didiagnosis dengan kondisi langka yang disebut precocious puberty.

Dr Vaishakhi Rustagi dari Rumah Sakit Max Super Speciality Hospital mengatakan bahwa kadar testosteron pada bayi itu sangat tinggi, setinggi pria berusia 25 tahun. Hal itulah yang membuatnya mulai mengalami perubahan fisik. Ia juga mengalami dorongan seksual seperti pria dewasa. Tapi, karena ia masih sangat muda, ia tidak mampu memahami apa yang sedang terjadi.

“Kami pikir mungkin dia hanya bayi besar, jadi kami tidak membawanya ke dokter. Tapi seiring berjalannya waktu kami menumukan bahwa ada yang salah. Ibu mertua saya, yang telah mengurus beberapa anak dalam keluarga, juga mengatakan bahwa pertumbuhannya tampak tidak alami. Lalu kami membawanya ke dokter,” kata Ibu bayi tersebut pada Hindustan Times.

“Ini adalah kasus yang jarang terjadi, dan hanya terjadi sekali dalam 10 tahun,” kata Dr Vaishakhi

Dr Vaishakhi menambahkan, Precocious puberty bisa menyebabkan traumatis bagi anak seusianya.

“Jika anak-anak tersebut tidak diobati, itu akan menjadi masalah. Perubahan fisik tidak akan cocok untuk usia mereka. Mereka juga akan berhenti tumbuh setelah beberapa tahun dan tingginya akan bertahan hanya sekitar 1 meter,” katanya. Untuk memblokir efek dari hormon di tubuhnya, bayi ini harus rutin disuntik.

Sumber : rakyatku.com