Wow Ternyata Inilah Negara-Negara Perusak Hutan di Dunia Termasuk Indonesia


 200810110915321
Pembangunan merupakan salah satu kegiatan modern yang tidak pernah berhenti dan terus dilakukan setiap harinya. Hampir setiap negara baik maju atau berkembang terus melakukan pembangunan negaranya guna mencapai target dan menjadikan negaranya sejahtera di mata dunia.
Namun ironisnya pembangunan yang dilakukan tidak sebanding dengan kerusakan yang dihasilkan. Yak bisa dirasakan dari hari ke hari, keadaan bumi yang kita pijak ini semakin mengenaskan.
Ada pembangunan serta kegiatan industri yang seenaknya telah menyebabkan suatu pencemaran parah terhadap lingkungan. Pencemaran ini telah membuat banyak bencana dan kini telah menjadi penyakit bagi bumi ini. Kedua adalah masalah pemanasan global yang saat ini sudah sangat parah dan menyebar luas sehingga membuat bumi kian panas dan es di bagian kutub pun mulai mencair.
Masalah selanjutnya adalah deforestasi entah karena kebakaran atau memang sengaja ditebangi dan dirusak. Poin terakhir dari masalah bumi ini sangatlah penting. Pasalnya, jika sampai bumi kehabisan hutan, hal-hal mengerikan seperti banjir, longsor, satwa punah, hingga menurunnya jumlah oksigen bumi bisa terjadi.
Berikut lima negara pengrusak hutan paling parah di Dunia, salah satunya Indonesia.
Indonesia 18,5 Juta Hektare
Indonesia
Ironis melihat keadaan alam Indonesia saat ini, banyak sekali perusahaan hutan di Indonesia yang semakin hari semakin parah dan tak bertanggung jawab. Khususnya perusahaan yang berada di Kalimantan dan Sumatra, dengan seenaknya menebang pohon tanpa ada surat perintah dan tindakan reobisasi. Apalagi ditambah dengan penebangan liar oleh pihak yang tak bertanggung jawab yang meenjual kayu-kayu hutan tersebut secara ilegal untuk kepentingan pribadi tanpa ada proses reboisasi untuk mengganti tanaman yang sudah ditebang.
Selain adanya aktivitas penebangan liar, banyak hutan di Indonesia yang sengaja di bakar. Entah karena sengaja ataupun ada niat tersembunyi untuk menambah lahan pertanian. Tentu penebangan pohon secara ilegal akan berdampak buruk pada ekosistem di hutan serta bencana alam lainnya yang tidak di harapkan. Salah satunya bencana kabut asap sempat membuat Indonesia jadi penyumbang polusi terbanyak di dunia.
Amerika – 29 Hektare
Amerika
Sebagai negara yang manasbihkan diri penguasa dunia, Amerika tak pernah lepas dari namanya pembangunan. Apalagi soal penggundulan hutan Amerika jangan ditanya. Penggundulan hutan di Amerika sudah terjadi sejak masa kolonialisasi. Hutan-hutan yang sangat banyak di negeri itu ditebangi untuk keperluan industri. Di masa modern hingga sekarang, penebangan hutan yang tidak terkontrol semakin banyak terjadi dan menyebabkan banyak bencana dan spesies hewan dan tumbuhan di sana semakin menipis.
Amerika adalah negara yang memproduksi kayu paling banyak di dunia. Pun penduduknya juga merupakan konsumen dari produk itu sendiri. Akhirnya praktik seperti penebangan, pengangkutan hingga pengolahan di tempat kerap terjadi. Akibatnya dari tahun 1872 hingga sekarang, hutan di Amerika sudah berkurang hingga 48 persen.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTernyata Ada Makhluk Sebelum Adam di Bumi Ini. Inilah Dia Makhluknya!
Berita berikutnyaRamadhan Sebentar Lagi, Inilah Persiapan yang Bisa Kamu Jalani Untuk Menyambutnya