Megawati Bongkar Proses Lepasnya Sipadan dan Ligitan dari Indonesia


    megawati

    Salah satu hal yang dianggap menjadi catatan buruk Megawati Soekarno Putri selama menjabat jadi presiden Indonesia adalah lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan. Sengketa yang menyeruak semenjak 1967 itu akhirnya berakhir buruk bagi Indonesia pada tahun 2002.

    Dilaporkan dari merdeka.com, disebutkan jika Megawati saat pidato sambutan gelar Honoris Causa dari Universitas Padjajaran, Bandung, mencoba memberikan penjelasan kenapa akhirnya Indonesia kalah di Mahkamah Internasional oleh Malaysia.

    “Pertama, terhadap sengketa Sipadan dan Ligitan. Mari kita berdialektika. Betulkah Sipadan Ligitan serta merta lepas saat saya menjadi Presiden. Peristiwa apa yang melatarbelakangi Sipadan Ligitan kemudian dinyatakan sebagai wilayah Malaysia,” kata Megawati, Rabu (25/5/2016).

    Megawati mengaku telah berusaha sangat keras untuk mempertahankan kedua pulau itu agar tidak lepas dari wilayah Republik Indonesia

    “Pada saat saya menjadi Presiden, saya memerintahkan menteri luar negeri untuk terus memperjuangkan agar Sipadan dan Ligitan menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Akan tetapi, argumentasi yang diterima Mahkamah Internasional bukan karena Malaysia yang lebih dahulu masuk ke Sipadan atau Ligitan,” sambungnya.

    Lanjut ke halaman selanjutnya >>