Jokowi Kaget Soal Cangkul Impor, Apindo Beri Tanggapan Mengejutkan


SURATKABAR.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku cukup kaget dengan banyak barang yang diimpor dari luar negeri padahal industri dalam negeri bisa memproduksinya. Ia mencontohkan besarnya angka volume impor untuk pengadaan pacul dan cangkul.

“Ini puluhan ribu, ratusan ribu cangkul yang dibutuhkan masih impor. Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya, yang sudah berkembang benar, pacul dan cangkul harus impor?” kata Jokowi dalam acara Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019), dikutip dari tempo.co.

Asosiasi Pengusaha Indonesia memberikan respon atas pernyataan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. Pihaknya meminta pemerintah memberikan dukungan terhadap produk lokal dengan diwujudkan dalam bentuk regulasi yang ramah dunia usaha.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menuturkan, upaya presiden meminta optimalisasi industri dalam negeri harus didukung. Selain menggerakkan ekonomi di dalam negeri juga akan membuka peluang kerja.

“Produk yang bisa dihasilkan sendiri, ya kita dorong dilakukan (produksinya di) dalam negeri,” kata Hariyadi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (6/11/2019).

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDua Kali Menjanda, Artis Lawas Ini Kini Dinikahi Berondong