Kisah Kegigihan William, Ditolak 3 PTN Malah Dapat Beasiswa Kuliah di Rusia


SURATKABAR.ID – Inspirasi bisa datang dari mana saja. Buat kamu yang sekarang ini sedang terpuruk dan merasa gagal, ada banyak hal yang akan membuka matamu untuk tetap berusaha. Seperti halnya kisah kegigihan dari William yang berhasil kuliah di luar negeri. Nama lengkapnya adalah Dominicus William Prakoso yang saat ini sedang menempuh pendidikannya di Tomsk University Rusia di bidang Hubungan Internasional.

Perjalanan William untuk bisa kuliah di luar negeri haruslah melewati perjalanan yang cukup berliku. Pasalnya, ia sempat ditolak di beberapa PTN di Indonesia. Namun kegagalan yang dialaminya tidak membuatnya terpuruk.

“Dulu aku daftar SBMPTN tahun 2018 karena SNMPTN tidak masuk seleksi. Jadi aku tidak bisa ikut jalur yang tanpa tes itu,” papar William seperti yang dilansir dari Kompas.com

Baca juga: Kisah Tragis Pria yang Pilih Habisi Nyawanya di Hari Wisuda Lantaran Disuruh Pacar

William pernah mengikuti SBMPTN dan mengambil di UNDIP, tidak keterima. Selanjutnya ke UGM dan UNDIP lewat jalur mandiri namun tetap tidak ketrima. Ia juga pernah mengikuti tes Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) namun tetap kembali gagal. Banyak hal yang menjadi ceritanya, salah satunya adalah ia pernah mengalami kecelakaan saat perjalanan ke Jogjakarta, saat tes UGM.

Setelah gagal di beberapa PTN, orangtua William akhirnya menyuruhnya untuk mendaftar di swasta, namun ia menolak lantaran biaya yang mahal. Ia tetap bersikeras untuk bisa kuliah namun tetap murah. Dan itulah ia mulai mencari berbagai informasi mengenai Rusia di internet. Dari semuanya, ia akhirnya menemukan situs Russia.study dan melihat beberapa kampus dan jurusan.

Setelah mendaftar dan melewati rangkaian tes, William akhirnya masuk menjadi mahasiswa yang berhak berangkat ke Rusia. Alasannya memilih Rusia lantaran menurutnya kulitas hidupnya baik dan biaya hidupnya yang tergolong murah dibandingkan negara Eropa lainnya. Ia belajar bahasa Rusia secara otodidak sampai mendapatkan pelatihan di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta.

Ia memberikan pesan kepada siapaun yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk mencari informasi yang lebih terperinci. Tidak lupa ia juga mengingatkan untuk selalu minta doa restu orangtuanya.