Motor Dikunci Setang ke Kanan, Benarkah Sudah Benar-benar Aman?


SURATKABAR.ID – Sampai saat ini dengan berbagai teknologi yang ada, masih banyak kasus pencurian motor yang terjadi. Bahkan, makin ke sini pelakukanya makin nekat saja. Siang hari yang masih terang, para pencuri nekat beraksi. Padahal, sudah beberapa pabrikan motor yang menawarkan teknologi terbarunya.

Salah satu cara yang selama ini dipercaya adalah sistem keamanan dengan menghadapkan setang ke kanan. Cara ini digadang-gadang akan membuat motor lebih aman dan diminimalisir dari aksi pencurian.

Dilansir dari Liputan6.com, berdasarkan Endro Sutarno selaku Technical Division PT AHM membenarkan hal tersebut. Endro menilai jika setang motor yang menghadap kanan lebih aman karena menyulitkan pencuri saat hendak melakukan aksinya.

Baca juga: Mobil Neno Warisman Terbakar, Raksasa Otomotif Angkat Bicara Soal Penyebabnya

“Itu memang dari dulu sudah bisa kunci ke kanan dan kiri. Memang prinsipnya kunci setang mau ke kanan atau ke kiri bebas saja, cuma kalau susah dibobol itu memang menghadap kanan. Begitu setang motor miring ke kanan, setang akan berada di atas lubang kunci,” ujar Endro di Jakarta.

Saat motor berada di sebelah kanan, motr bebek dan skutik ini akan menyulitkan para pencuri untuk mencungkil kontak kendaraan. Waktu yang dibutuhkan lebih lama. Karena itulah setang menghadap ke kanan cukup berpengaruh terhadap keamanan.

“Untuk kunci yang di atas sebenarnya tidak berpengaruh, cuma memang untuk motor matik atau cab (bebek) itu posisi kuncinya kan di bawah setang, sehingga saat dikunci posisi ke kanan, menutup keluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya. Lebih kepada ruang geraknya aja. Untuk sistem kerjanya sama saja kanan maupun kiri,” tutur Endro.

Meskipun bisa dibobol pencuri, namun paling tidak setang menghadap ke kanan membutuhkan lebih banyak waktu.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaViral Video Motivator Tampar 8 Siswa SMK Malang, Begini Kronologi Lengkapnya
Berita berikutnyaIngat Rumah Mewah yang Ada di Cerita “Crazy Rich Asians”? Ternyata Sarang Hantu!