Ngenes! Nenek Buta Huruf Asal Depok Ditipu Tetangga, Rumah Dibeli dengan Harga Rp300 Ribu


SURATKABAR.ID – Arpah, seorang nenek buta huruf asal Beji, Depok, Jawa Barat menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh tetangga dekatnya sendiri. Aksi penipuan tersebut dilakukan pada tahun 2015 yang lalu, dan sekarang nenek berusia hampir 70 tahun tersebut terpaksa tinggal di rumah kerabatnya. Ia juga tengah berjuang mendapatkan rumahnya kembali.

Kasus penipuan Arpah ini berawal saat ia diajak oleh terduga dengan inisial  AKJ (26) ke kantor notaris di Bogor, Jawa Barat, empat tahun yang lalu. Ia tak bisa membaca dan hanya mengikuti instruksi yang dilakukan oleh tetangganya.

Kala itu tetangganya memintanya untuk tandatangan dokumen, namun belakangan baru diketahui jika dokumen tersebut merupakan sertifikat tanah milik Arpah. Adapun tanah tersebut memiliki luas 130 meter persegi.

Baca juga: Anaknya Kepergok Curi Mainan di Toko, Apa yang Dilakukan Orangtuanya Banjir Pujian

Setelah menipu Arpah, sang pelaku menyuruhnya pulang dan memberikan uang sebesar Rp300 ribu saja. Arpah sendiri dan keluarganya baru sadar jika sertifikatnya telah bepindah tangan setelah bank mendatangi rumah mereka. Karena itulah, Arpah saat ini terpaksa menumpang di rumah kerabat ataupun juga anaknya.

Arpah berjuang keras untuk mengembalikan rumahnya. Kasus tersebut diajukan ke Pengadilan Negeri Depok atas perkara perdata. Ia terus berusaha supaya kasusnya bisa diproses lebih lanjut sampai Arpah diterima di Polrsta Depol dan sekarang tengah ditangani oleh penyidik dari Unit Harta dan Benda dengan nomor laporan LP/2143/K/IX/2019/PMJ/Resta Depok.

Arpah tidak tahu mengenai dokumen yang ditandatanginya lantaran ia buta huruf. Sementara kasus Arpah ini sekarang pihak penyidik sudah menerima laporan tersebut dan melakukan pemanggilan terhadap sejumlah saksi, termasuk juga memeriksa terlapor.

“Sampai sekarang masih pemeriksaan saksi. Kalau terlapor, kita enggak tahu dia di mana,” katanya, Selasa, 15 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.