Gubernur Wilayah Ini Akan Tarik Semua Bantuan jika Penerima Merokok, Pengadu Diberi Bonus Setengah Juta


SURATKABAR.ID – Senin (15/10/2019), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan jika akan menarik batuan yang diberikan ke warganya jika ketahuan merokok dan mengonsumsi minuman keras. Maka dari itu, warga juga diminta untuk membuat skala prioritas untuk kebutuhan keluarga, supaya bisa digunakan dengan lebih bijak.

Permintaan tersebut disampaikan sang Gubernur Gorontalo sembari memberikan bantuan sepeda motor berkotak pendingin kepada pedagang ikan keliling. Dan hal tersebut berarti Gubernur meminta untuk memastikan warga penjua ikan keliling untuk memanfaatkan keuangan dengan baik dan bijak.

“Ibu Sila Botutihe, Kadis Kelautan dan Perikanan pantau yang pakai rompi kuning penerima motor, kalau mereka merokok cabut (tarik) motornya. Tidak ada gunanya diberi bantuan jika buat beli rokok ada uang tapi buat beli motor tidak ada,” kata Rusli Habibie saat menggelar Bakti Sosial NKRI Peduli di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (15/10/2019), dilansir dari Kompas.com

Baca juga: Tambah Satu Lagi Istri TNI yang Nyinyiri Penusukan Wiranto, Kali Ini di Wonosobo

Rusli juga meminta masyarakat menjadi pemantau bagi penjual ikan keliling. Jika ada yang ketahuan merokok, akan dimintai bukti berupa foto dan data lengkap. Dan mereka yang melapor akan mendapatkan bonus sebesar setengah juta atau Rp500.000.

“Harus berhenti merokok ya! Jika ada yang foto bapak sedang merokok dan berjualan ikan, maka yang foto saya kasih Rp 500.000. Siapa namanya, mana fotonya saya Rp 500.000,” ujar Rusli Habibie.

Pemprov Gorontalo menyediakan sekitar 72 unit sepeda motor berkotak pendingin dan disebar di 6 Kabupaten/Kota.