Viral Pernikahan Low Budget, Modal 5 Jutaan Bisa SAH!


    SURATKABAR.ID – Salah satu tantangan terbesar saat dua sejoli ingin menikah adalah seringkali terkendala biaya. Besarnya biaya pernikahan membuat banyak pasangan muda ketakutan untuk menikah. Padahal, menikah sebenarnya bisa sangat murah dan tidak memerlukan banyak biaya. Jika restu kedua orangtua sudah dikantongi, apa lagi yang perlu diperdebatkan?

    Melangsungkan pesta pernikahan memang membutuhkan biaya yang besar, terlebih lagi tuntutan orang tua menambahinya. Namun jika dibuat sederhana, biaya resepsi bisa sangat ditekan lho. Seperti halnya sebuah cerita yang disampaikan oleh akun Twitter @biangkerok yang membagi kisah resepsi pernikahan yang digelarnya.

    Pemilik akun tersebut bernama Satrio yang membuktikan kepada banyak orang jika menggelar pesta pernikahan tidak melulu mewah. Ia menerapkan resepsi yang sangat simple tapi tetap membuat kedua mempelai jadi bahagia, tamu tetap terpuaskan. Begini cuitannya di Twitter.

    Baca juga: Pria Ini Hentikan Iring-iringan Mantan Pacarnya yang Akan Menikah, Kejadian Selanjutnya Benar-benar Tak Terduga

    “Perkawinan gue & Karin cukup simple. Cuma prosesi akad & makan2 aja, lokasi juga di rumah aja. Mungkin bisa nambahin ide buat yang mau kawin. Begini ceritanya” cuitannya di Twitter.

    Setelah mendapatkan restu dari keluarganya dan keluarga kekasihnya, Karin dan Satrio mulai menyiapkan segala persiapan pernikahan yang dilakukannya mandiri. Terkait undangan, Satrio mendesainnya sendiri dan memotongnya sendiri. Sementara urusan mencetak, ia serahkan kepada temannya yang memiliki usaha sablon.

    Berdasarkan pengakuannya, ia mencetak 300 undangan dan harganya tidak sampai Rp800 per lembarnya. Ia dan Karin tidak melakukan pemotretan. Ia hanya mengabadikan momen saat pernikahannya saja.

    “seserahan.
    banyak saran dari teman² dekat, kalo seserahan kebanyakan gak dipakai.
    jadi gue & karin sepakat untuk beli seperangkat alat olahraga. sepatu running, sport bra, legging, jersey.
    dihias oleh kawan baik,” papar Satrio.

    Baca juga: Pengin Cantik, Wanita Asal Ngawi Ini Nekat Curi Motor untuk Beli Kosmetik

    Uniknya, pernikahan ini tidak ada pelaminan. Begitu masuk, tamu undangan langsung dipersilahkan makan. Untungnya resepsi dengan budget yang sedikit ini disetujui oleh kedua orangtua. Bahkan sebelumnya, orangtua keduanya menyarankan untuk menikah di KUA saja.

    “kalo diluar mahar & makan² (itu urusan dompet keluarga), yg gue & karin keluarin;

    cincin meteorit 700K
    seserahan 1400K
    baju & make up 1600K
    foto video dokumentasi ijab kabul 1000K
    lain² 800K

    *foto & video digarap temen², cuma shoot akad & keluarga, soft file only

    — satrio (@biangkerok) October 9, 2019”

    Biaya yang cukup terjangkau untuk resepsi pernikahan. Sontak saja, unggahan tersebut mendapatkan banyak komentar dari pengguna Twitter lainnya. Ada yang curhat dan tidak sedikit dari mereka mengutarakan niat ingin menikah secara sederhana pula.