Pria Ini Alami Sakit Mata Serius Akibat Abu Rokok Pengendara Motor, Kok Bisa?


SURATKABAR.ID – Sampai saat ini, banyak pengendara motor masih merokok saat berkendara. Padahal, hal tersebut melanggar Permehub No. 12 Tahun 2019 dan Undang-undang No. 22 Tahun 2009, mengenai Lalu Lintas, para pelanggar akan didenda maksimal Rp750 ribu atau hukuman pidana selama 3 bulan penjara.

Aturan larangan merokok sambil berkendara ini tercantum pada Undang-undang No. 22 Tahun 2009, Pasal 106 Ayat 1. Disebutkan jika setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Tapi sepertinya masih banyak pengendara motor yang belum mengetahui larangan ini.

Pasalnya, baru-baru ini ada seorang pria curhat melalui unggahannya di Twitter. Ia menjadi korban abu rokok pengendara lain. Abunya yang masih terdapat baranya, masuk ke dalam matanya. Akibatnya, ia mengalami gangguan mata yang cukup serius. Pemilik akun Twitter ini bernama @adittama yang membagikan tangkapan layar Instagram Story miliknya di Twitter.

Baca juga: Gokil Parah! Cewek Ini Sewa Billboard Raksasa Karena Pengen Di-notice Minhyuk

Di dalam unggahannya, pria tersebut menyebutkan jika ia mengalami mata perih di bagian kiri setelah terkena abu rokok.

“Mata kiri gue kemarin kena abu rokok yang masih ada baranya, dengan riding gear lengkap helm + kacamata andalan ternyata masih masuk dari samping. Alhasil karena perih dan burem gue melipir (menepi) dan liat di kaca spion mata gue ada titik merahnya, kecil sih segede semut,” kata pria tersebut.

Awalnya memang kecil, namun lama-lama membesar dan berwarna merah darah. Setelah menunjukkan gejala yang tidak wajar, ia bergegas ke dokter supaya cepat ditangani. Phak dokter menyebutkan jika pria tersebut mengalami pecah pembuluh darah. Diperlukan penanganan professional, ia benar-benar merasakan kesakitan.

Postingan tersebut telah diretweet lebih dari 30.000 ribu. Dan tidak sedikit warganet yang turut bercerita pengalamannya terkena abu rokok pengendara lain.