Tahukah Kamu Motor Boleh Lewat Jalan Tol? Inilah Syarat yang Dipenuhi!


SURATKABAR.ID – Selama ini, kebanyakan dari kita beranggapan jika jalan tol hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun lebih. Karena memang kita jarang melihat motor berada di jalur tol. Kalau ada, pasti akhirnya akan berurusan dengan pihak kepolisian.

Seperti halnya kasus yang baru-baru ini terjadi, ada seorang turis yang menerobos jalur Tol Pandaan-Malang dengan mengendarai Scoopy pada Senin (7/10/2019). Turis asal Perancis ini berencana menuju ke Taman Safari Pasuruan dari arah Malang dengan menggunakan bantuan Google Maps. Dan diarahkan lewat jalan tol.

Selanjutnya, pihak yang berwajib memberikan arahan kepada Philippe jika jalan tol hanya bisa untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya. Lalu bule tersebut dipandu untuk keluar jalur tol. Namun, tahukah kamu jika sebenarnya sepeda motor bisa lewat jalan tol?

Baca juga: Viral Video Emak-emak Terobos Jalan Tol dengan Kecepatan Tinggi di Surabaya

Dilansir dari Gridoto.com, kebijakan tersebut tertulis pada Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009. Regulasi ini merevisi Pasal 38 dengan Peraturan Pemerintah No. 15, Tahun 2005 yang isinya membahas mengenai pengguna jalan tol.

Regulasi itu sebelumnya tertulis jika jalan tol hanya dipergunakan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Lalu direvisi jika motor juga bisa lewat.

Syaratnya, pada jalan tol harus dilengkapi dengan jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua, secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atai lebih. Revisi tersebut dibuat lantaran jumlah atau populasi kendaraan bermotor yang semakin padat.

Sebagai informasi, sampai saat ini ada beberapa jalan tol di Indonesia yang bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Pertama adalah Tol Suramadu, kedua Tol Bali Mandara, dan terakhir adalah Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara. Tol Suramadu da Bali Mandara sudah beroperasi, sementara Tol Balikpapan-Penajam paser Utara masih sedang tahap perencanan, dan ini nantinya akan bisa dilewati oleh motor.