Viral Setelah Menangis di Sidang Paripurna, Inilah Sepak Terjang Jimmy Demianus Ijie


SURATKABAR.ID – Pada Sidang Paripurna yang digelar Rabu (2/10/2019), viral di media sosial sosok anggota DPR yang menangis saat melakukan interupsi. Ia adalah anggota dari Fraksi PDI P bernama Jimmy Demianus Ijie dari Dapil Papua Barat.

Ia menangis lantaran menganggap jalannya sidang bertele-tele untuk menentukan Ketua MPR. Sementara di waktu yang sama, di Wamena saat ini tengah terjadi konflik.

Ia juga menyebutkan jika masih banyak saudara di Papua yang membutuhkan perhatian. Sontak saja, kata-kata yang dilontarkan oleh Jimmy ii menjadi viral dan mengundang perhatian banyak orang. Lalu siapakah sebenarnya sosok Jimmy Demianus Ijie ini?

Baca juga: Viral, Anggota MPR Ini Protes sampai Menangis Tersedu Karena Jalannya Sidang Bertele-tele

Ia merupakan anggota DPR kelahiran Fategomi, Kabupaten Maybrat, Papua Barat pada 21 Maret 1968. Dia berdomisili di Manokwari, Ibu Kota Papua Barat. Sosoknya pernah menjabat sebagai Ketua DPD PDI P Papua Barat pada 2010-2015.

Kemudian ia menjadi Ketua Dewan Pimpinan Provinsi HKTI Papua Barat tahun 2007 hingga sekarang. Ia juga menjadi Ketua Pengprov Perbasi Papua Barat 2006-sekarang.

Ternyata, ia merupakan anak asli Papua Barat yang pertama melenggang jadi anggota DPR RI. Pada 18 Juli 2017, ia dilantik jadi anggoat DPR RI Periode 204-2019 mewakili Papua Barat dan PDIP. Pada masa kerjanya, ia bertugas di Komisi II, yang membidangi kepemiluan, otonom daerah, dan reforma agraria.

Sementara itu dalam hal pendidikan, terakhir ia lulus di Fakultas Kedoteran Gigi UNHAS pada tahun 1988-1993, dan Fakultas Hukum Universitas Jakarta pada 2009.