Kisah Pertemuan Prabowo dan Megawati Menjelang Pemilihan Ketua MPR, Ternyata….


SURATKABAR.ID Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani gagal menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Saat memasuki ruang sidang, Kamis (3/10/2019), ia nampak tidak bahagia meskipun kehadirannya mendapatkan tepuk tangan meriah dari anggota MPR lainnya.

Muzani sepertinya telah mengetahui bahwa usahanya untuk menjadi ketua MPR telah kandas. Padahal, sebelumnya Gerindra nampak ngotot untuk mendorong kadernya yang menduduki posisi tersebut.

Ternyata hal tersebut menjadi kenyataan, bahwa Bambang Soesatyo (Bamsoet) secara aklamasi menjadi Ketua MPR. Sebab, Bamsoet secara resmi mengantongi dukungan dari 9 fraksi di MPR, termasuk dari Gerindra dan kelompok DPD.

Muzani menceritakan bahwa kegagalan dirinya menjadi ketua MPR lantaran terjadi kebuntuan komunikasi antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia mengatakan komunikasi tersebut sempat dilakukan kedua elite politik itu pada detik-detik terakhir sebelum rapat paripurna MPR digelar.

“Jadi Pak Prabowo komunikasi dengan Bu Mega detik-detik terakhir sebelum dilakukannya keputusan tentang ini,” kata Muzani, usai sidang MPR, dikutip dari cnnindonesia.com.

Muzani menyatakan bahwa Prabowo telah meminta Megawati agar mendukung Gerindra mendapatkan kursi ketua MPR. Prabowo beralasan bahwa perlu ada keseimbangan dalam percaturan politik nasional.

Akan tetapi, permintaan itu pun tak bersambut. Megawati, kata Muzani, saat itu dalam posisi sulit. Sebab, proses pemilihan Ketua MPR sudah hampir final.

Oleh karena itu, Muzani mengatakan dukungan PDIP kepada Gerindra sulit diberikan. Megawati, kata dia, meminta Prabowo agar menerima proses yang sudah terjadi saat ini.

“Karena itu, Ibu Mega memohon pengertian Pak Prabowo agar bisa menerima proses ini dengan baik dan menjaga MPR dengan musyawarah untuk mufakat. Meskipun Ibu Mega sepenuhnya menyerahkan keputusan ini kepada Prabowo kemudian sebagai partai yang mandiri,” kata dia.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJokowi Didesak Keluarkan Perppu KPK Sebelum 14 Oktober, Jika Tidak….
Berita berikutnyaJorok! Rumah Kontrakan Berubah Jadi Gunungan Sampah Karena Tak Pernah Dibersihkan Penyewa