Viral Anak SMA Bawa Bendera Merah Putih di Tengah Kabut Gas Air Mata, Begini Kisah di Baliknya


SURATKABAR.ID – Tidak hanya demo para mahasiswa saja yang menyita perhatian publik Tanah Air. Aksi pelajar SMK dan juga SMA yang turut bergabung juga memberikan ingatan tersendiri untuk masyarakt Indonesia. Tidak ada yang mengira jika ratusan anak-anak SMK dan SMA ini juga turut turun ke jalan untuk membantu kakak-kakak mahasiswa.

Salah satu foto yang viral di berbagai media sosial dan dibagikan netizen, adalah seorang pelajar berseragam putih abu-abu yang sedang berada di tengah kepungan kabut gas air mata. Perlajar tersebut menyeka matanya sambil menggemnggam batu. Bendera merah putih juga nampak digenggamnya erat. Pemandangan yang mampu membuat bulu kuduk berdiri.

Foto tersebut merupakan jepretan karya fotografer dari Kompas.com, yakni Garry Andrew Lotuling. Ternyata, foto tersebut diambil pada rau sore menjelang Magrib.

Baca juga: Dikenal Urakan, Momen Anak STM Salim ke Orangtua di Lokasi Demo Ini Jadi Viral

Situasi sudah semakin tidak kondusif di sekitaran Stasiun Palmerah. Massa sudah rusuh sejak siang. Polisi meminta massa membubarkan diri. Namun apa daya massa semakin banyak memenuhi Jl. Tentara Pelajar.

Massa semakin tidak terkontrol bahkan sampai menjebol pagar belakang DPR. Akhirnya mulai sore hari, polisi menembakkan gas air mata. Di momen itulah  si fotografer mengabadikan aksi pelajar yang kocar kacir, salah satunya yang membawa Sang Saka Merah Putih. Dan foto inilah yang viral di media sosial.

Garry masih ingat betul kejadian unik yang mungkin hanya terjadi dalam unjuk rasa kemarin. Bagaimana tidak, para pelajar tepuk tangan setiap kali ada gas air mata sembari menjauh. Setelah gas air mata mulai mereda, para pelajar ini kembali mendekati pintu belakang DPR sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya.