Terbongkar! Ternyata Ini Sumber Dana Aksi Demo Mahasiswa di Gedung DPR 23-25 September


SURATKABAR.ID – Aksi demo besar-besaran yang dilakukan mahasiswa sejak tanggal 23 September tentu saja menghabiskan biaya yang cukup banyak. Butuh perlengkapan dan alat-alat untuk membuat demo bisa berjalan lancar.

Ada yang bertanya-tanya dari manakah sumber dana yang diperoleh mahasiswa? Ternyata salah satu sumber terbesarnya ada yang mengorganisir pengumpulan dana melalui platform Kitabisa.com. Hal tersebut seperti unggahan sebuah akun Twitter @Dandhy_Laksono pada tanggal 25 September.

Dalam unggahannya, ia menyertakan tangkapan layar dari lama Kitabisa.com yang menampilkan penggalangan dana untuk aksi mahasiswa. Pemilik akun tersebut menyebykan ada pengguna akun Twitter @anangdabadudu yang memulai penggalangan dana. Dilansir dari Suara.com, ditemukan pula ada penggalangan dana bertajuk ‘Dukung Aksi Mahasiswa di Gedung DPR 23-25 september.’

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Atiatul Muqtadir, Ketua BEM UGM yang Tegas Tolak Pelemahan KPK

Penggalangan tersebut awalnya hanya menargetkan Rp 50 juta. Namun sampai sekarang ini ditutup dengan angka Rp176.696 yang terkumpula. Sebanyak 2.129 donatur yang telah memberikan sumbangan.

“Dana itu akan digunakan untuk tiga keperluan: Makanan, minuman, dan sound system mobile (mobil komando/gerobak komando). Saya sepenuhnya bertanggung jawab atas pengelolaan dan penggunaan dana tersebut. Saya berjanji akan mencatat dan melaporkan semua dana yang digunakan dan akan menyiarkan laporan itu secara transparan lewat akun medsos pribadi saya,” tulis @anandabadudu dalam penggalan keterangan pada halaman Kitabisa.com.

Sontak saja unggahan tersebut menjadi viral di media sosial. Lebih dari 1.700 kali diretweet, dan menuai banyak komentar dari warganet. Begini komentarnya.

“Semoga Allah melindungi aamiin,” tambah @anggorobp.

“Sampeyan berdua salah satu pahlawan. Thanks a lot ndan,” komentar @BarkahWell.

“Sayang sekali sudah ditutup. Buka lagi dong sumbangannya,” ungkap @hutauruk_alex.

“Saya tidak ragu untuk hormat dan salut dengan kamu. Tetap istiqomah ‘adik’ku,” cuit @JW_is_Puppet.