Viral Potret Kabut Asap Tebal di Kalimantan dari Luar Angkasa


SURATKABAR.ID – Beberapa waktu terakhir, kebakaran hutan yang melanda Kalimantan dan Sumatra menyita perhatian publik Indonesia. Kabut asap tebal bahkan sampai ke negeri tetangga. Tidak hanya itu saja, banyak sekolah ditutup, penerbangan juga ditunda untuk alasan keamanan.

The Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Aqua milik NASA memotret Kalimantan dari luar angkasa, tepatnya pada 15 September 2019.

Terlihat kabut asap pekat yang melayang di atas Pulau Kalimantan yang cukup kentara. Sehingga membuat kualitas udaranya dinyataan begitu berbahaya. NASA menyebutkan jika kebakaran di wilayah ini terjadi sepanjang Agustus, namun intensitasnya makin meningkat pada minggu pertama September.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Kalimantan, Netizen Heboh degan Ular Piton yang Ditemukan Hangus Terpanggang

Berikut ini ada foto-foto kebakaran di Kalimantan yang dipotret oleh NASA dari luar angkasa.

Peta Kebakaran Hutan dari Satelit Nasa

Langit Kalimantan yang disellimuti oleh asap yang tebal

Terlihat foto Kalimantan yang berselimutkan kabut asap pekat

CNN memberitakan ada sekitar 185 orang yang ditahan oleh otoritas Indonesia lantaran dianggap bertanggung jawab dalam aktivitas kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kebakaran hutan sebenarnya merupakan peristiwa yang sangat umum, namun menjadi lebih buruk lagi karena petani turut membakar hutan guna mempersiapkan lahan bagi peternakan atau perkebunan.