Ikan Alien Monster dari Mitos Yunani Penghuni Laut Dalam Ditemukan, Pertanda Apa?


SURATKABAR.ID – Seorang pemancing mendapatkan pengalaman luar biasa seumur hidup ketika ia secara tak sengaja menarik seekor ikan dengan wujud yang tidak umum. Saking anehnya, ia menyebut ikan tersebut monster seperti alien dari dalam laut.

Dilansir dari laman Sindonews.com, pada Senin (16/9/2019), pemuda bernama Oscar Lundahl (19), nyaris saja melompat keluar dari perahunya saat ia mendapati spesies aneh dengan mata bulat di tepi kepala menyangkut di mata kailnya.

Ikan tersebut adalah ratfish, kerabat hiu yang sudah ada sejak 300 juta tahun lalu. Spesies aneh ini memiliki nama Latin Chimaera Monstrosa Linnaeus. Penampakan ikan ini sangat kerap dikait-kaitkan dengan monster dari mitos Yunani kuno yang memiliki kepala singa dengan ekor naga.

Ratfish sendiri merupakan penghuni laut dalam dan biasanya jarang muncul ke permukaan, sehingga hampir tidak pernah ditangkap nelayan.

Baca Juga: Punya Wajah Aneh, Ikan Ini Diyakini sebagai Makhluk Mitos Penghuni Danau Dalam

Meski tidak berbahaya bagi manusia karena hanya memakan krustasea seperti kepiting dan siput laut, namun penampilan ratfish yang aneh ini terbilang sangat menyeramkan bagi para pelaut.

Mata besar di samping kepalanya diyakini untuk membantu ikan ini melihat dengan sempurna di dalam lingkungan yang gelap di perairan dalam.

Lundahl sendiri sebenarnya tengah memancing ikan halibut biru ketika tanpa diduga menangkap ratfish di Pulau Andoya, Norwegia Utara.

Saat memancing di perairan dengan kedalaman 800 meter kala itu ia menggunakan umpan berupa makarel di empat kailnya.

“Kami sedang mencari halibut biru yang merupakan spesies langka sekitar 8 kilometer dari pantai,” ujar Lundahl yang juga merupakan pemandu pemancing untuk Nordic Sea Angling.

“Saya memiliki empat kait pada satu barus dan merasakan sesuatu yang cukup besar di ujungnya. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menariknya,” jelas pemuda berusia 19 tahun tersebut, dikutip dari laman The Sun, pada Senin (16/9/2019) kemarin.

“Ada dua halibut di dua kait dan saya sangat senang tentang itu dan kemudian saya melihat ada sesuatu yang lain,” tuturnya.

“Sangat menakjubkan. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Itu hanya terlihat aneh, seperti dinosaurus. Saya tidak tahu apa itu, tetapi rekan saya tahu,” ungkap sang pemancing tersebut.

Ia mengklaim bahwa lantaran adanya perubahan tekanan yang ekstrem, ratfish malang tersebut tak berhasil selamat dari pengalaman buruk.

Tak ingin menyia-nyiakan hasil tangkapannya, Lundahl pun membawa pulang ratfish itu dan menggorengnya. Ia mengatakan, meski penampilannya jelek, namun rasanya sangat enak. “Ini agak seperti ikan cod, tapi enak,” serunya.