Heboh Video ‘Flying Fox’ Pakai Motor, Benar di Sini Lokasinya?


SURATKABAR.ID – Sebuah video yang sejak Minggu (15/9) malam beredar hingga kemarin, Senin (16/9), sukses menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Terekam dua orang wanita yang menaiki sepeda motor menyeberangi sungai dibantu tali. Mirip seperti wahana flying fox.

Video tersebut beredar di grup-grup WhatsApp dan berbagai platform media sosial lainnya. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 14 detik tersebut, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com pada Selasa (17/9/2019), memperlihatkan seorang pengendara motor wanita yang membonceng wanita lainnya. Tampak tali terkait pada kedua stang dan bagian belakang motor.

Hanya dengan tali yang tersambung pada tuas sebagai penopangnya, kedua orang ini bersama dengan sepeda motornya meluncur menuruni tepian sungai hingga ke seberang.

Baca Juga: Kurang Ajar! Tak Terima Ponselnya Disita, Siswa Bawa Celurit ke Ruang Guru. Videonya Viral

Jika melihat dari gambaran lokasi video tersebut diambil, tampak sebuah sugnai yang tak terlalu lebar di antara perkebunan sawit.

Saat meluncur, terdengar teriakan dari kedua wanita tersebut disusul dengan sorakan beberapa orang lainnya.

Dari sekian banyak yang membagikan video tersebut, salah satunya adalah akun Instagram @makassar_iinfo.

Berbagai macam komentar muncul. Beberapa ada yang mengungkapkan debaran jantungnya meningkat saat menonton adegan tersebut. Sementara netizen lain menganggapnya sebagai hiburan semata. Namun tak sedikit yang dibuat penasaran dengan lokasi peristiwa tersebut terjadi.

Hasil Penelusuran

Kompas lantas mencoba menelusuri video tersebut untuk mencari tahu lokasi diambilnya video tersebut.

Menelusuri dari video, ada satu petunjuk yang ikut terekam. Terdengar logat yang digunakan kedua wanita tersebut adalah gaya berbicara masyarakat Sumatera. Ditambah lagi dengan plat nomor yang meski samar, namun terbaca BM 27XX XXB.

BM sendiri merupakan kode untuk kendaraan di wilayah Kota Pekanbaru, Riau.

Terdengar dari percakapan di dalam video, beberapa kali perekam mengatakan “Pejuang Noa” atau Pejuang Noah”.

Entah apa yang dimaksudkan dari kata-kata orang tersebut. Apakah Noa atau Noah mengacu pada Number of Account yang merupakan istilah di dunia perbankan, atau NOAH grup musik asal Bandung yang populer dengan lagu-lagu popnya.

Untuk diketahui, beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Sabtu (14/9), NOAH dijadwalkan akan menggelar konser di Kota Pekanbaru.

Sementara itu, upaya melakukan penelusuran digital guna mencari petunjul lainnya terkait dengan lokasi peristiwa belum juga membuahkan hasil.

Konfirmasi pada Pemprov Riau

Dan mengacu pada petunjuk dari palt nomor kendaraan, Kompas.com pun meminta konfirmasi dari Kepala Humas Pemerintah Daerah Riau M Firdhaus.

Namun sayang, Firdhaus yang juga telah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum setempat mengaku tak tahu-menahu tentang lokasi diambilnya video tersebut.

“Saya enggak dapat informasi. Saya sudah tanya juga sama orang PU, enggak tahu juga dia di mana itu lokasi,” ujar Firdhaus ketika dihubungi Kompas.com pada Senin (16/9) siang kemarin.

Meski begitu, ia membenarkan logat yang terdengar dalam video tersebut khas masyarakat Sumatera.

“Saya zoom kan itu (plat nomor) blur, enggak jelas. Di Pekanbaru itu ada Sungai Siak, tapi di pinggiran kota, semua (akses) sudah terhubung,” jelasnya.

Firdhaus mengungkapkan, jika ada masyarakat yang mengetahui lokasi peristiwa tersebut agar melaporkannya pada pemerintah atau kantor terkait terdekat. Menurutnya, dengan mengetahui di mana lokasinya, maka hal tersebut bisa ditindaklanjuti.

“Saya tidak tahu juga apa tidak terpantau atau bagaimana. Jika ada hal-hal seperti ini alangkah lebih baik ya dilaporkan ke pemerintah setempat yang terdekat, mungkin dari desa, lurah dulu, camat, kabupatennya, kalau tidak selesai, baru provinsi,” paparnya.