Geram, Anggun C Sasmi Kecam Warga yang Jadikan Makam BJ Habibie Tempat Selfie


SURATKABAR.ID – Penyanyi kawakan Anggun C Sasmi mengomentari kelakuan sebagian orang yang menjadikan makam Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai objek untuk berfoto selfie. Ia sangat mengkritik keras tindakan tersebut.

Anggun C Sasmi, dilansir dari laman JPNN.com pada Minggu (15/9/2019), mengaku miris ketika melihat perilaku para peziarah yang seperti itu. Ada pun kritik tersebut disampaikan sang penyanyi bersuara emas ini melalui akun media sosial Instagram pribadinya.

Ia menunjukkan begitu banyak orang yang sampai berebutan untuk berselfie di makam BJ Habibie.

“Melihat foto ini mendadak sedih. Mungkin sudah saatnya ada edukasi untuk para ‘Generasi’ Selfie’ yang harus belajar menilai situasi dan melihat konteks,” ungkap Anggun C Sasmi ketus, pada Minggu (15/9).

Baca Juga: Geger Remaja Hina BJ Habibie di Medsos, Sang Ibu Minta Maaf Ngaku Anaknya Pasien RSJ

Pelantun tembang ‘Mimpi’ tersebut menilai tidak seharusnya para pelayat menjadikan makam BJ Habibie sebagai objek untuk berfoto selfie. Terlebih lagi foto tersebut kemudian dibagikan ke media sosial sebagai ajang pamer.

“Ada saat untuk bisa selfie dan untuk tidak. Ada banyak hal yang bisa diposting, tapi banyak juga yang tidak perlu,” imbuh Anggun C Sasmi.

Kepergian Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, pada Rabu (11/9) lalu, memang menyisakan duka mendalam di kalangan masyarakat Indonesia. Pria yang dijuluki sebagai Mr. Crack ini dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sepeninggalnya sang Teknokrat, masyarakat Indonesia berbondong-bondong menyampaikan duka citanya. Dan karena cinta yang sangat dalam kepada Habibie, lautan manusia pun membanjiri makam Habibie.

Namun sungguh disayangkan. Rombongan warga yang datang berbobdong-bondong ke makam Habibie malah meninggalkan catatan menyedihkan. Betapa tidak, setelah prosesi upacara pemakaman suasana di pemakaman terpantau tak terkendali, dilansir dari Grid.ID, Minggu (15/9/2019).

Jika sebelumnya masyarakat hanya bisa menyaksikan dari kejauhan, namun begitu prosesi upacara pemakaman BJ Habibie, mereka langsung berdesak-desakan dan rebutan berfoto di pusara suami Hasri Ainun Besari tersebut.

Tak sedikit masyarakat yang berpose di makam Habibie. Mereka menyentuh, dan ada juga yang memeluk nisan almarhum. Aksi warga tersebut sampai membuat para petugas kewalahan. Belum lagi ketika mendapati nisan makam Habibie sampai miring akibat ulah peziarah.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara. Ia mengatakan sudah menerima laporan tentang warga yang berselfie di makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Dan untuk mengantisipasi kejadian serupa, kini sekuriti dikerahkan untuk menjaga area makam Habibie.

“Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya berselfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan,” ujar Agus, Minggu (15/9), dikutip dari Detik.com.