Viral! Cerita Seorang Pria Disapa BJ Habibie saat Beli Mi Instan, Ucapannya Bikin Merinding


SURATKABAR.ID – Di media sosial, akun twitter @palthama menjadi viral karena kisah yang dibagikanya. Ia membagikan cerita mengenai pertemuannya dengan Presiden Ke-3 Indonesia yang baru saja wafat, BJ Habibie. Nama pemilik akun tersebut adalah Naufal Prathama, ia merupakan seorang mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Jerman.

Singkat cerita, suatu hari Naufal, sapaan akrab pemuda tersebut, tengah belanja dan tidak sengaja bertemu dengan sosok yang dielu-elukan banyak orang itu. Yang bikin salut adalah sosok Habibie yang menyapa pemuda itu tersebut dahulu. Bahkan, Almarhum Habibie-lah yang mengajak berkenalan dengan sangat sopan dan rendah hati. Begini awal cerita dari Naufal.

“Satu sore di toko Asia, saya lagi sibuk masukin indomie dan santan ke keranjang belanja ketika saya mendengar seseorang menyapa saya

Baca juga: Geger Remaja Hina BJ Habibie di Medsos, Sang Ibu Minta Maaf Ngaku Anaknya Pasien…

“Halo, kamu orang Indo ya? Kenalin, saya Habibie. Tapi biasanya saya dipanggil Eyang” cuitnya.

Sang pembuat thread tersebut begitu terkejut saat disapa, beliau tetap memperkenalkan dirinya meskipun sudah begitu terkenal. Tidak berhenti di situ saja, pemuda tersebut menceritakan jika BJ Habibie-lah yang aktif mengajaknya berbicara dan mencari topik.

“Bukan semata-mata karena akhirnya saya dapat bertatap muka langsung dengan sosok panutan saya, tapi juga karena kerendahan hatinya: beliau tetap memperkenalkan diri meskipun sudah sangat terkenal

Mendadak saya kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Baca juga: Sampaikan Pesan Kebangsaan, BJ Habibie: Hindari Tindakan yang Mempertajam Perpecahan

Beliaulah yang aktif mencari topik dan mulai bertanya-tanya mengenai studi saya, kenapa studi di Jerman, dan tantangan-tantangan yang saya hadapi disini.

Beliau juga menceritakan kisah hidup dan perjuangan beliau.

Tak lupa memberikan pesan-pesan kepada saya sebagai pelajar.

Eyang memiliki aura yang saya rasa cukup mengintimidasi, namun semua itu terasa berkurang dengan senyuman dan tawa beliau.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk meminta berfoto bersama eyang.

Beliau mengiyakan sambil tersenyum.

Kemarin, ketika mendengar kabar kepulangan beliau, pikiran saya terlontar kembali ke sepuluh bulan silam ketika saya bertemu beliau dan otak saya berusaha memutar kembali percakapan kami sore itu di toko Asia.

Saya tak akan pernah melupakan kerendahan hati beliau: seorang mantan Bapak Bangsa, pemegang sederet paten krusial, pemilik kisah hidup yang apik—mau menyapa dan meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang dengan saya,” tulis Naufal.

Baca juga: Tak Kalah Romantis dari Habibie-Ainun, Begini Kisah Cinta Pak Harto dan Bu Tien

Tak lupa BJ Habibie memberikan petuah kepada mahasiswa tersebut. Ia juga menceritakan berbagai kisah hidup dan perjuangannya. Pemuda itu mengaku meskipun cukup mengintimadasi, meski berasa berkurang saat senyum dan tawa beliau pecah, di akhir pertemuan pemuda terseut memberanikan diri untuk meminta foto.

Sosok yang rendah hati tersebut mengiayakan sembari tersenyum.

Postingan tersebut kemudian menjadi viral sampia diretweet puluhan ribu orang. Tidak sedikit pula warganet yang mengaggumi kerendahan hati BJ Habibie.

Berikut ini beberapa komentar dari warganet.

“Pak Habibie ini emang santuy banget ya. Kamarin diceritain temen kantor, waktu kecil di sebuah mal pernah disamperin beliau. Diajak ngobrol dan akhirnya dibelikan mainan.”

“Seorang presiden memperkenalkan diri kepada seorang mahasiswa. Aaaah bener2 rendah hati,”

“Mantap, Bang. Dapat kesempatan ketemu dan berbincang dengan orang yang menginspirasi kita semua untuk ikuti jalan beliau di Fremdland ini.”