Waduh! Objek Asing ‘Alien’ Terdeteksi Memasuki Sistem Tata Surya Kita


SURATKABAR.ID – Para astronom melihat ada objek asing kedua yang melewati sistem tata surya kita. Objek asing tersebut diduga berasal dari sistem bintang lain. Dan ada hal yang cukup mengejutkan, di mana objek asing itu disebutkan bisa terbang mendekati Mars pada Oktober mendatang.

Para ilmuwan menduka kuat hal tersebut bisa terjadi. Namun untuk saat ini, objek yang dikenal sbeagai komet C/2019 Q4 (Borisov) atau (gb00234) tersebut digolongkan sebagai interstellar, bukannya batu dari dalam tata surya.

“Ini sangat menarik, membuat kami berpaling dari semua proyek lainnya,” kata Olivier Hainaut, Astronom dari European Southern Observation, Kamis (12/9), seperti yang dikutip Republika.co.id dari Business Insider.

Sebelumnya, ilmuwan berhasil mendeteksi interstellar pertama, ‘Oumuamua, yang masuk ke dalam tata surya pada tahun 2017. Bedanya, saat ini para ilmuwan sudah jauh lebih siap untuk melakukan penelitian terhadap objek yang baru.

Baca Juga: Mirip Komet dan Berubah Warna, Sebuah Asteroid Langka Bikin Para Ilmuwan Terperangah

Hainaut yang juga ikut mempelajari ‘Oumuamua tersebut mengatakan, “Sekarang para astronom jauh lebih siap.”

Pada gambar awal, C/2019 Q4 ditunjukkan diikuti oleh ekor kecil yang terlihat mirip dengan lingkaran debu. Ciri ini biasanya terlihat pada komet. Para ilmuwan mengaku dapat lebih mudah melacak C/2019 Q4 dibandingkan dengan ‘Oumuamua. Pasalnya ia dapat memantulkan cahaya matahari dengan cerah.

Selain itu, alasan para ilmuwan dapat dengan mudah mempelajari komposisi objek satu ini adalah karena adanya instrumen teleskop yang bisa mengidentifikasi cahaya. Dengan begitu mereka dapat mencari kandungan zat kimia pada objek asing tersebut.

Masih menurut Hainut, apabila benda asing tersebut dikirim ke tata surya lain di luar yang saat ini berpusat pada matahari, hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi.