Bikin Iri Banyak Orang, Wanita Ini Dibayar Mahal Hanya untuk Menangis di Pemakaman


SURATKABAR.ID – Banyak sekali ragam pekerjaan yang bisa dipilih. Mulai dari menjadi PNS, pegawai swasta, bahkan wiraswasta. Dan tidak jarang ada pekerjaan-pekerjaan nyeleneh. Seperti halnya pekerjaan di China ini. Ada pekerjaan professional yang perlu mengeluarkan banyak air mata.

Namanya adalah Liu Jun-Lin (37), wanita asal Taiwan yang menjalani profesi sebagai pelayat professional. Adiknya yang bernama A Ji dan bandnya menampilkan tarian semi akrobatik yang diiringi alat musik petik tradisional. Setelah itu giliran Liu beraksi. Ia mengenakan kerudung berwarna putih dengan jubah dan merangkak ke peti mati orang yang meninggal.

“Setiap pergi ke pemakaman, kamu harus merasa keluarga ini adalah keluargamu sendiri, jadi kamu harus memasukkan perasaan sendiri ke dalamnya. Ketika aku melihat begitu banyak orang berduka, aku menjadi semakin sedih,” ungkap Liu, dilansir dari BBC.

Baca juga: Mantap Gila! Ini Daftar Pekerjaan Unik dengan Bayaran Selangit, Ada yang Digaji Rp 1…

Ternyata, pekerjaan ini sudah dturunkan dari nenek dan ibundanya. Liu sendiri mulai meniru pekerjaan ibunya saat berusia 11 tahun. Pekerjaan yang terbilang sepele dan unik bukan?

Tapi jangan salah ya, pekerjaan jadi pelayat professional ini dipatok harga yang cukup mahal. Di tahun 2013, Liu dibayar $600 atau setara dengan Rp 8 juta untuk sekali pertunjukan di pemakaman. Bahkan prospek karir ini semakin meningkat. Di Inggris ada perusahaan yang menyediakan pelayat professional.

Di Amerika juga ada layanan yang serupa. Dan bayarannya mulai dari Rp400 ribu sampai dengan Rp 1,6 juta per orang dalam satu acara pemakaman. Tujuan pelayat professional ini salah satunya adalah meningkatkan jumlah peserta pemakaman dan menunjukkan dukungan kepada keluarga yang telah meninggal.