Wow! Ternyata Makanan Korea Ini Bisa Atasi Masalah Kerontokan Rambut, Loh


SURATKABAR.ID – Kimbab, bibimbab, japchae, dakgalbi, tteokbokki, jjajangmyeon, kimchi, dan masih banyak lagi aneka menu yang kerap muncul di drama Korea. Menu-menu ini tak jarang bikin para penggemar drakor ngiler.

Nah, dari sekian banyak menu khas drama Korea, kimchi adalah yang selalu muncul. Ya, di setiap sesi makan di dalam drama Korea, mereka pasti selalu menghidangkan makanan hasil fermentasi satu ini. Dan tahukah Anda jika kimchi ini menyimpan manfaat super untuk kecantikan rambut?

Dilansir dari laman TimesIndonesia.com, Kamis (12/9/2019), menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Dankook di Korea Selatan terhadap pertumbuhan 23 peserta pria dan wanita dalam kurun waktu empat bulan, ditemukan hasil yang cukup mengejutkan.

Para wanita yang mengonsumsi minuman yogurt yang mengandung kimchi dan cheuonggukjang sebemul sarapan dan tidur malam. Cheuonggukjang sendiri merupakan produk fermentasi kedelai.

Baca Juga: Ajaib! Cukup dengan Daun Ini, Uban pun Hilang dalam Sekejap

Para peneliti lalu mengukur panjang rambut setiap peserta setelah sebulan dan tiga bulan setelahnya. Hasilnya cukup mengejutkan. Tercatat ada pertumbuhan secara signifikan dalam ketebalan bagi 93 persen peserta. Selain itu mereka juga mengalami pengurangan kerontokan rambut.

Tak hanya itu, para peserta juga diharuskan keramas sebelum mengunjungi rumah sakit. Selain itu, mereka juga sama sekali tidak diperbolehkan melakukan perawatan rambut apapun dengan gel atau kosmetik lainnya.

Sebenarnya efek tersebut lebih terasa pada para peserta pria. Ada perbedaan yang cukup besar, yakni dalam ketebalan rambut, sebanyak 30,4 persen, dan jumlah helai rambut, sebesar 26,1 persen. Berarti parameter keduanya adalah 39,1 persen.

Namun tetap ada kabar baik bagi para wanita. Karena mayoritas peserta wanita yang andil dalam penelitian tersebut menunjukkan efek positif di kedua parameter, yakni sebesar 65,2 persen.

Hanya saja, terkait penelitian ini masih jauh dari kata sempurna, mengingat jangka waktu yang terbilang singkat dan jumlah peserta yang relatif sedikit. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mencicipi makanan menyehatkan ini demi kesehatan rambut, loh.