Bawa ‘Tongkat Nabi Musa’, Sosok Misterius Berjubah Putih Muncul Beri Teguran


SURATKABAR.ID – Pengguna media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang viral belum lama ini. Video tersebut memperlihatkan sosok misterius berpakaian serba putih muncul di Pasar Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Dalam video yang beredar luas di media sosial Facebook tersebut, seperti ditukil dari Tribunnews.com pada Senin (9/9/2019), terlihat orang tua yang mengenakan seperti jubah putih dengan penutup kepala. Ia tampak tengah menasehati para pedagang.

Pria tua yang memegang tongkat dengan ulos diselempangkan di badan dan tiletakkan dipundaknya dalam video tersebut menasehati para pedagang untuk beristirahat dan hanya menyembah Tuhan di hari Keenam. Ia juga meminta agar para pegagang menguduskan hari Tuhan atau Sabat.

Suaranya terdengar seperti suara wanita. Dalam video yang diambil dari arah samping dengan jarak yang tak terlalu jauh itu terdengar ia memiliki suara yang lirih pelan.

Baca Juga: Cerita Warga Soal Sosok Misterius Pria Bertopi Hitam Jaket Cokelat Berkeliaran di Tol Cipularang

Siapa itu?” tanya seorang perempuan di dalam video.

Sepertinya itu orang dari Siborongborong,” jawab sang perekam yang tak bisa memastikan hal tersebut.

Sesekali terdengar orang tua berpakaian putih itu mengatakan sesuatu dalam bahasa Batak Toba. Ia mengingatkan agar para pedagang tidak berjualan di hari Minggu. Pasalnya, hari Minggu, disebutnya, sebagai hari peristirahatan yang seharusnya dipergunakan untuk menyembah Debata (Tuhan).

Apa pun yang dicari dan sebesar apa pun hasil yang didapatkan, dikatakannya, semua itu akan kembali ke tanah. Ia lalu mengingatkan agar para pedagang tidak sampai membuat Tuhan murka

Ini adalah kali kedua pria tua tersebut mendatangi pasar dan mengingatkan para pedagang agar tak melakukan aktivitas di hari Minggu atau hari keeman tersebut. Hari keenam hanya diperbolehkan untuk beribadah dan menyembah Tuhan.

Peringatan bagi Warga Lintong Nihuta Humbahas, yang Dikenal Tanah Pertanian Subur menghasilkan banyak rejeki bagi warganya. Saat ini Pemerintah Pusat juga sedang melirik pertanian di kawasan sana. Nah, jangan karena banyak berkat/rejeki dari tanah yang diciptakan Tuhan, lupa bersyukur hingga di hari Minggu pun jualan di pasar. Jangan sampai tiga kali diperingatkan; "Tongkat (ciptaan Tuha ini jika dilibaskan ke tanah maka semua akan jadi tanah (tak memberikan hasil lagi)." "Kuduskanlah Hari Tuhan," katanya. Jika nasehat yang baik tidak ada salahnya didengarkan dan dilakukan. Video: Radna Sari Hutasoit.

Posted by Abdi M Tumanggor on Sunday, September 8, 2019

Selain itu, pria misterius itu juga mengingatkan agar jangan sampai ia datang ketiga kalinya untuk memberi peringatan. “Jangan sampai tongkat ini dilibaskan Tuhan ke tanah,” ujarnya sembari mengangkat tongkatnya ke atas.

“Besoklah (Senin) kalian bersenang-senang di pasar ini,” tambah pria misterius tersebut.

Menurut informasi yang ada, biasanya hari berjualan di pasar ini hanya dilakukan sekali dalam sepekan, yakni setiap Senin.

Kejadian tersebut disiarkan secara langsung oleh pemilik akun Facebook Radna Sari Hutasoit.

Tepat pukul 14.15 tadi. Datang si Tua-tua tu Pajak. Pasingothon unang jualan di hari Minggu. #Tarotokanibapoang,” tulis pemilik akun Radna Sari Hutasoit pada keterangan video yang diunggahnya tersebut.