Delay Terlalu Lama Karena Tak Ada Pilot, Seorang Penumpang Ajukan Diri Terbangkan Pesawat


SURATKABAR.ID – Seorang penumpang pesawat EasyJet yang hendak berlibur bersama dengan keluarga kecilnya ke Alicante, Spanyol, menawarkan dirinya untuk menerbangkan pesawat setelah tidak ada pilot di dalam.

Dilansir dari laman Kompas.com pada Jumat (6/9/2019), Michael Bradley tengah menunggu bersama sang istri dan buah hatinya di Bandara Internasional Manchester, Inggris, Minggu pekan lalu waktu setempat (1/9).

Pada saat itu, ia mendengar pengumuman bahwa penerbangan Easy Jet yang akan ditumpanginya mengalami keterlambatan. Ia mengetahui jika adanya penundaan tersebut disebabkan karena tidak ada pilot di dalamnya.

Jadi, seperti yang dikutip Kompas.com dari London Evening Standard via Newsweek, pada Kamis (5/9/2019), Bradley yang ternyata merupakan pilot EasyJet menghubungi kantornya dan menawarkan diri untuk bekerja saat itu juga.

Baca Juga: Astaga! Puluhan Penumpang Ditinggal Pesawat Gara-Gara Dikunci di Tangga Bandara. Kok Bisa?

Dalam video yang dibagikan oleh salah satu akun Facebook bernama Muchelle Hannah Potts menunjukkan waktu saat Bradley berdiri dan memberikan penjelasan kepada seluruh penumpang.

Bradley mengungkapkan, ia akan segera menelepon kantornya dan menjelaskan mereka sedang berada di gerbang keberangkatan setelah mengetahui pesawatnya tak kunjung lepas landas.

“Jadi saya membawa lisensi saya, saya membawa identitas saya dan saya ingin berlibur. Jadi jika kalian butuh bantuan saya siap,” kata Bradley yang menirukan percakapan melalui telepon.

Bradley melanjutkan, pihak manajemen mengatakan bahwa mereka akan segera menghubunginya kembali. Tak sampai satu menit kemudian, mereka menghubungi Bradley dan meminta bantuannya untuk menerbangkan EasyJet.

“Saya berkata ‘jadi, jika kalian tidak masalah dengan penampilan pilot seperti ini, kita akan menuju Alicante,” kata pria tersebut yang langsung disambut riuh tepuk tangan dari para penumpang.

Potts memuji aksi Bradley yang rela menawarkan diri untuk menerbangkan EasyJet saat itu. Ia mengatakan, jika tidak ada Bradley yang menawarkan diri menerbangkan pesawat itu, bisa jadi mereka akan terkatung-katung tanpa kejelasan lebih lama lagi.

Juru Bicara EasyJet menjelaskan bahwa penerbangan tersebut mengalami penundaan karena adanya masalah lalu lintas di Prancis. Mereka sangat mengepresiasi Bradley yang cekatan beraksi.

Pihak manajemen menyatakan Bradley mendapatkan izin terbang karena ia memiliki lisensi resmi dan merupakan pegawai mereka. Selain itu, Bradley juga telah beristirahat dengan cukup karena mengambil libur empat hari.

“Kami sangat bersyukur karena salah satu pilot kami kebetulan sedang berlibur bersama keluarganya dari Manchester ke Alicante dan menawarkan diri bekerja,” kata juru bicara tersebut.

It could only happen to me!! Get to the airport and our flight is delayed a couple of hours… then I happen to look at…

Posted by Michelle Hannah Potts on Monday, September 2, 2019