Kebiasaan Menggerus Obat Sebelum Diminum Bisa Sebabkan Overdosis, Begini Penjelasannya


SURATKABAR.ID – Tidak semua orang mudah mengonsumsi obat. Ada yang dimakan dengan bahan-bahan lembut seperti halnya bubur atau pisang, ada pula yang digerus untuk memudahkan proses penelanan. Obat yang digerus kemudian dicampurkan dengan air, untuk memudahkan diminum. Apakah anda salah satu orang yang melakukannya?

Ternyata kebiasaan menggerus obat dan melarutkannya bisa berakibat fatal lho. Bahkan bisa menyebabkan overdosis. Fakta yang cukup mencengangkan ini dituturkan oleh seorang apoteker dan salah satu pemilik apotek yang berada di Jawa Tengah bernama Uswatun Nurul Falah, S. Farm.,Apt, yang menyebutkan ada beberapa jenis obat yang harus dikonsumsi dalam kondisi utuh.

Seperti yang dilansir dari Kompas, Nurul menyebutkan jika obat-obatan dengan lapisan film atau coat harus dikonsumsi secara utuh. Dalam istilah kedokteran disebut dengan tablet salut selaput.

Baca juga: Wow! Dipandang Sebelah Mata, Pakar Kesehatan Dunia Ungkap Khasiat Tanaman Liar Ini

Untuk mereka yang mengalami kesusahan dalam proses penelanan, bisa meminta obat jenis lain untuk dikonsumsi. Karena obat semacam ini jika nekat digerus akan menimbulkan efek berbahaya.

Contohnya saja ada obat yang masuk dalam jajaran Modified Release yang dilepaskan dalam jangka waktu yang lama. Jika digerus bisa menimbulkan Gangguan lapisan pelepasan yang dimodifikasi dan menyebabkan overdosis. Sementara yang lainnya bisa menyebabkan iritasi atau kerusakan lambung.

Buat anda yang peduli dengan kesehatan, berikut ini ada beberapa daftar obat yang tak boleh digerus atau dibuka kapsulnya ataupun dikunyah.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Pare Bagi Kesehatan

  • CR/Chrono (Controlled Release)
  • CRT (Controlled Release)
  • EC/EN (Enteric Coated)
  • LA (Long Acting)
  • MR/Retard (Modified Release)
  • SA (Sustained Action)
  • SR/Dur/Dural (Sustained Release)
  • XL (Extended Release)

BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaInovatif, Makan di Warteg Ini Bayar Pakai Sampah Plastik
Berita berikutnyaMelawan Perbedaan, Pasangan Ini Viral Karena Usahanya Cari Restu