Viral Jok Motor Ditumbuhi Jamur, Asli atau Editan?


SURATKABAR.ID – Pengguna akun Twitter, dihebohkan dengan sebuah unggahan dari akun @ali_surabayaa. Bagaimana tidak, ia mengunggah busa jok motor yang ditumbuhi oleh beberapa jamur. Hal tersebut membuat heboh warga Twitter dan mempertanyakan bagaimana bisa jamur hidup di jok motor.

Postingan tersebut sudah di-retweet sebanyak 40 ribu kali. Dan dalam unggahan itu, dijelaskan jokes mengenai pemotor jomlo yang tak punya pasangan, sehingga joknya ditumbuhi oleh jamur. “Gara-gara single, tempat duduk belakang motornya dinaiki cendawan (jamur),” tulisnya dalam postingan yang dibagikan pada Selasa (3/9) kemarin.

Berdasarkan keterangan dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Iwan Sakiawan menyebutkan jika fenomena jamur tumbuh di jok motor sangat kecil kemungkinannya. Karena bahan utama yang digunakan untuk membuat jok motor adalah latex atau karet, sehingga jamur akan kesulitan untuk bisa hidup.

Baca juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Lupa Pakai Kerudung Hijaber Ini Malah Pakai Plastik

“Menurut saya agak susah. Bahan utama jok motor adalah latex (karet) bisa sintetis atau alami dari getah pohon karet. Busa jok itu komponen utamanya latex,” papar Iwan, seperti yang dikutip Suratkabar.id dari Kompas.

Iwan juga menjelaskan lebih lanjut jika jamur selama ini hanya tumbuh di media tertentu. Salah satunya yang memiliki senyawa lignocelullosa. Dan menurutnya lagi, busa tidak memiliki kandungan tersebut. Karena itulah, Iwan menyimpulkan jika foto tersebut meurpakan editan semata.

Kalau menurutmu bagaimana, apakah terlihat seperti editan atau memang tumbuh langsung?