Tak Hanya untuk Cuci Tangan atau Mandi, Ini Manfaat Mengejutkan Sabun Batang


SURATKABAR.ID – Keberadaan sabun cair membuat eksistensi sabun batang semakin terpinggirkan. Namun begitu, ternyata sabun batang terbukti tetap lebih unggul karena memiliki fungsi yang beraneka ragam, tak hanya untuk mencuci tangan atau mandi saja.

Sabun batang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah yang kerap Anda temukan di dalam rumah. Dan hanya dengan sabun batang, Anda juga dapat banyak berhemat ongkos renovasi, loh!

Di bawah ini 5 kegunaan menakjubkan dari sabun batang, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari Dekoruma, pada Selasa (3/9/2019).

1. Menutupi Lubang Bekas Paku

Untuk menghadirkan suasana dan nuansa baru di dalam ruangan, biasanya kita akan memindahkan posisi foto atau lukisan dinding ke area yang lain. Cara ini memang mudah. Namun sayang, lubang di dinding bekas paku justru menurunkan nilai estetika.

Alih-alih menutupnya menggunakan semen, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sabun batang. Gosok sabun batang di lubang tersebut hingga tertutup sempurna. Agar tak mengurangi tampilan, sebaiknya pilih warna sabun yang sama dengan cat dinding. Setelah itu lapisi dengan cat.

Baca Juga: Hanya dengan Letakkan Sabun di Bawah Sprei, Hasilnya Tak Terduga

2. Mencegah Cermin Kamar Mandi Berembun

Siapa yang bisa menolak mandi di bawah guyuran air hangat? Memang nikmat berendam atau mandi dengan air hangat, namun efeknya, cermin di kamar mandi Anda akan berembun dan tak dapat memantulkan bayangan dengan sempurna lagi.

Eits, ternyata hanya dengan sabun batang, Anda bisa keluar dari masalah satu ini, loh! Pertama lap cermin menggunakan kain kering dan gosokkan sabun batang kering di seluruh permukaan cermin secara merata. Hasilnya? Cermin Anda tak akan berembun meski Anda mandi dengan air hangat.

3. Pengharum Lemari Pakaian dan Laci

Ingin lebih ekonomis dalam mengharumkan lemari maupun laci pakaian? Anda bisa melupakan pengharum khusus pakaian dan gunakan saja sabun batang. Keluarkan sabun batang dari kemasan dan bungkus dengan kain tipis. Gantung atau letakkan di lemari atau laci Anda. Bau tak sedap pun hilang!

4. Melancarkan Pintu Macet

Bunyi berserit dan pintu yang macet bisa membuat kita jengkel. Oli memang bisa mengatasinya, namun penggunaannya cukup merepotkan. Beruntung ada sabun batang. Gosokkan sabun batang pada railing pintu sembari menggesernya beberapa kali. Lakukan hingga pintu tidak macet dan tak ada derit lagi.

5. Melancarkan Kunci Macet

Sama seperti menghadapi pintu yang macet atau berderit, kunci macet juga sangat menyusahkan. Apalagi jika Anda sedang diburu waktu. Agar hal ini tak terjadi, cegah saja dengan sabun batang. Gosok kedua permukaan kunci dengan sabun batang dan masukkan dalam lubang. Mudah bukan?