Viral Monyet Tajamkan Batu dan Pecahkan Kaca Kebun Binatang, Petugas Ungkap Fakta Mengejutkan


SURATKABAR.ID – Tidak diragukan lagi jika hewan primata dikaruniai tingkat kecerdasan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka dapat meniru ulah manusia hanya dengan melihatnya saja. Sama seperti monyet yang menghuni kebun binatang China satu ini.

Belum lama ini, seperti dilansir Suara.com dari laman Bored Panda, pada Rabu (4/9/2019), seekor monyet di kebun binatang Zhengzhou, China sukses menggegerkan para pengunjung yang ada. Aksinya ini menjadi bukti bahwa kecerdasan mereka tak bisa disepelekan.

Monyet jenis Capuchin ini dikenal dengan penampilan dan juga wajah yang sangat menggemaskan. Namun di balik sosoknya tersebut, ia ternyata mengetahui bagaimana cara menggunakan senjata untuk kemudian memecahkan kaca yang mengurung dirinya di dalam kandang.

Pengunjung yang menyaksikan aksi tak biasa monyet tersebut mengungkapkan bahwa monyet menggemaskan ini tiba-tiba saja meraih sebuah batu yang ada kemudian mulai mengasahnya hingga tajam.

Baca Juga: Peneliti Sukses Bikin ‘Monyet Hidup’ dari Hasil Kloning, Tak Disangka Ada Catatan Brutal Tersimpan Rapi di Baliknya

“Monyet itu menajamkan batu, kemudian mulai memukulkannya di kaca. Monyet itu lalu ketakutan dan pergi, tapi kembali (untuk melihat kaca yang hampir pecah) dan bahkan memegangnya,” ugnkap salah seorang turis bernama Wang.

Insiden menakjubkan tersebut terekam kamera dan sukses menarik perhatian para pengguna media sosial. Tak sedikit netizen yang mengaku sangat terkejut ketika menyaksikan monyet pintar tersebut menunjukkan aksinya.

Sementara itu di sisi lain, salah satu staf kebun binatang mengatakan jika memang monyet tersebut tergolong berbeda dari monyet-monyet lainnya yang ada.

“Dia tahu cara memakai peralatan untuk memecahkan kenari. Ketika kami memberi kacang kenari ke monyet lain, mereka hanya tahu cara menggigitnya,” tutur staf kebun binatang Zhengzhou.

“Tapi, dia tidak pernah memukul kaca sebelumnya. Ini kali pertama. Itu kaca yang tebal, jadi dia tidak akan bisa keluar. Setelah kejadian tersebut, kami mengambil semua batu dan menyingkirkan semua senjata,” imbuhnya kemudian.

Meski menghebohkan, namun sebenarnya hal tersebut bukanlah sesuatu yang aneh. Pasalnya, beberapa jenis spesies binatang memang diketahui dapat memakai peralatan manusia. Salah satunya, simpanse yang bisa membuat tombak. Ada juga gagak yang memakai ranting pohon.

Sementara itu, warganet terpantau meninggalkan beragam reaksi pada unggahan video yang memperlihatkan insiden di kebun binatang China tersebut.

Monyet sekarang tahu bahwa batu dapat digunakan sebagai alat, sebuah gambaran evolusi yang menakjubkan. Ini hanya masalah waktu…,” tulis seorang netizen.

Dia belajar dari pengunjung,” komentar yang lain.

Semua makhluk mendambakan kebebasan,” imbuh netizen lainnya tak mau kalah.

Lihat videonya berikut: