Mirip Komet dan Berubah Warna, Sebuah Asteroid Langka Bikin Para Ilmuwan Terperangah


SURATKABAR.ID – Asteroid 6478 Gault merupakan bola yang sangat aneh. Ia mirip seperti komet, namun disebutkan jauh lebih aneh. Pasalnya asteroid ini dapat berubah warna, yakni dari merah menjadi warna biru.

“Ini adalah pertama kalinya para ilmuwan mengamati asteroid yang berubah warna, dalam seketika,” ujar Institut Teknologi Massachusetts dalam rilis, seperti yang dikutip Tempo.co dari CNET, pada Minggu (1/9/2019) lalu.

Memang perubahan warna pada asteroid ini tidaklah sedramatis gurita atau pun bunglon yang secara nyata dapat dilihat oleh mata manusia ketika mereka berubah warna.

Para astronom menyaksikan aktivitas asteroid dalam spektrum inframerah-dekat. Dan aktivitas tersebut sama sekali tak dapat terlihat oleh mata manusia.

Baca Juga: Terekam Kamera, Sebuah Asteroid Meledak di Langit Setelah Berhasil Menembus Atmosfer Bumi

Postdoc MIT Michael Marsset menyebut bahwa perubahan ini merupakan kejutan yang sangat besar. “Kami pikir kami telah menyaksikan asteroid kehilangan debu kemerahannya ke angkasa, dan kami melihat asteroid itu mendasari laposan biru yang segar,” katanya.

Asteroid berbatu ini terletak sangat jauh, di antara Mars dan Jupiter. Meski sebenarnya sudah ada di radar para astronom sejak tahun 1988, namun asteroid tersebut baru menonjol beberapa waktu belakangan ini saja.

Menurut pengamatan yang dilakukan sejak akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019, didapatkan batuan antariksa ini menendang dua ekor debu. Hal ini merupakan kejadian yang sangat terjadi bagi asteroid.

Jika melihat lebih dekat pada 6478 Gault, maka akan terungkap adanya perubahan warna asteroid yang sama sekali tidak terduga.

Para peneliti menduga asteroid tersebut berputar begitu cepat dan menumpahkan debu permukaannya yang lama untuk kemudian membuka material baru yang ada di bawahnya. Sama halnya seperti ular yang membuang lapisan kulit terluarnya.

Tim peneliti di bawah pimpinan MIT menerbitkan temuannya dalam Astrophysical Journal Letters pada Jumat (30/8) lalu.

Umur asteroid 6478 Gault mungkin tidak lama lagi di alam semesta ini. NASA mengatakan ekor asteroid ini menjadi fakta penting tentang Gault yang perlahan mulai berantakan. Ketika akhirnya ia hancur, maka setidaknya asteroid ini akan menciptakan gaya yang spektakuler.