Viral Penampakan Smart SIM Terbaru, Polri Beberkan Keunggulannya Dibanding Versi Lama


SURATKABAR.ID – Belum lama ini, para pengguna media sosial dihebohkan dengan sebuah foto yang memperlihatkan penampakan bentuk terbaru dari Surat Izin Mengemudi (SIM). Berbeda dengan SIM lawas, dikabarkan versi terbaru ini dilengkapi dengan sederet fungsi yang lebih canggih.

Dirangkum dari laman Suara.com, pada Senin (26/8/2019), ada sebuah chip tertanam dalam SIM terbaru tersebut. Bukan tanpa tujuan, chip tersebut memiliki sejumlah fungsi, salah satunya adalah sebagai penyimpan identitas yang akan memudahkan polisi dalam kepentingan forensik.

Selain itu, SIM versi terbaru ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang elektronik. Pemilik nantinya dapat menggunakan uang elektronik tersebut untuk membayar tol dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berkat fungsi-fungsi yang ditambahkan tersebut, pihak kepolisian pun menyebut benda satu ini dengan nama Smart SIM.

Baca Juga: 10 Cara Ini Jitu Agar Anda Tidak Kena Tilang Meski Surat-Surat Tidak Lengkap, Baca Deh!

Penampakan Smart SIM yang sempat bikin warga bingung ini juga dinilai lebih segar. Hal tersebut seperti yang dapat Anda lihat pada unggahan akun Instagram @agoez_bandz4 di bawah ini:

Menurut informasi yang disertakan oleh sang pemilik akun tersebut, SIM terbaru ini rencananya akan diluncurkan pada bulan September mendatang.

Walaupun wujud Smart SIM ini baru bisa ditemui di dunia maya, namun kabar ini langsung memicu tanda tanya besar dari sejumlah warganet yang membanjiri kolom komentar dengan berbagai reaksi.

Terus yang udah punya sim ganti ke sim itu atau tetep pake yang lama?” tanya akun @m_haryo_s88.

Nanti Tilang nya potong saldo, atau bayar pake ovo dapet diskon, wkwkwkw,” celetuk @panjenkerz.

Terkait kabar tersebut, seperti ditukil dari laman CNNIndonesia.com pada Senin (26/8/2019), Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) Irjen Refli Andri, mengungkapkan Smart SIM menyimpan chip dengan kapasitas yang disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM.

Menurutnya Smart SIM dengan desain yang berbeda dari SIM saat ini dibekali dengan beberapa keunggulan. Tak hanya bisa menyimpan data pemilik, Smart SIM ini juga merekam berbagai jenis pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh si pemegang SIM.

“Hari ini kita soft launching, ada pembeda antara SIM dan Smart SIM yang akan kita luncurkan pada 22 September,” ujar Refli seperti yang dikutip CNNIndonesia dari akun ntmc_polri, pada Senin (26/8) kemarin.

“Menyimpan nama, alamat, tempat tanggal lahir ada di dalam. Bisa tertera di sana (dalam chip) apa saja pelanggaran yang dilakukan pengguna SIM atau oleh pengemudi. Tercatat secara otomatis, dan online dan real time juga dan kita bisa mengingatkan pengemudi sudah melakukan pelanggaran-pelanggaran itu pada saat kita melakukan evaluasi,” jelasnya.