Presiden Jokowi Blak-blakan Beberkan Alasan Kenapa Ibu Kota Harus Pindah dari Jakarta


SURATKABAR.ID – Senin (26/8/2019), Presiden Jokowi sudah secara resmi mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia. Pemerintah sudah memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menggantikan Jakarta.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi.

Saat mengumumkan ibu kota baru tersebut, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, serta Gubernur KI Jakarta Anies Baswedan. Serta beberapa jajaran pemerintahan lainnya. Seperti halnya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

Alasan Dipindahnya Ibu Kota dari Jakarta ke Lokasi Baru

Mantan Gubernur Jakarta ini membeberkan beberapa alasan khusus kenapa ibu kota perlu pindah dari Jakarta. Dilansir dari Kompas.com, salah satu alasan terkuatnya adalah lantaran Jakarta sudah terlalu memiliki tanggungan yang terlalu besar.

Baca juga: Ada Pejabat Lelet dan Bandel, Jokowi: Akan Saya Copot Detik Itu Juga

“Sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/8/2019).

Tidak hanya itu saja, mantan Wali Kota Solo ini juga menyinggung Jakarta juga memiliki bandar udara dan pelabuhan laut terbesar di Indonesia. Selain itu, alasan lainnya adalah beban Pulau Jawa yang juga makin besar, penduduknya mencapai 150 juta jiwa, atau 58 % dari total penduduk Nusantara.

Karena beban yang besar itulah, Presiden tak mau terus menerus membiarkannya. Guna mengurai kemactean dan kepadatan penduduk, langkah pemindahan ibu kota ini diambil. Tentu saja dengan pertimbangan yang sangat matang.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaCek Kepribadian Anda dari 4 Cara Makan Pizza Berikut Ini, yuk!
Berita berikutnyaHanya Karena Es Krim, Wanita Ini Brutal Tusuk Kekasihnya Hingga Mati