Hiii! Ratusan Kerangka Manusia Penuhi Danau Ini, Hingga Kini Misteri Belum Terungkap


SURATKABAR.ID – Dunia bawah air selalu mengundang tanda tanya akan pesonanya yang misterius. Seperti kisah tentang sebuah danau dangkal yang terletak di pegunungan India. Di lokasi ini penuh dengan sisa-sisa kerangka manusia sejak berabad-abad lalu.

Sekilas, Danau Roopkund memang tak jauh berbeda dengan danau dataran tinggi lainnya di wilayah ini. Tetapi, begitu Anda menjelajah lebih dekat, maka terlihat pemandangan yang bikin bulu kuduk meremang. Permukaan esnya seolah sengaja menyembunyikan sisa-sisa kerangka dari ratusan individu.

Entah siapa orang-orang tersebut dan bagaimana mereka bisa sampai di sana. Pertanyaan-pertanyaan ini sejak lama menjadi topik perdebatan pada peneliti. Ilmuwan pun tak sedikit yang berspekulasi bahwa di masa lalu ada bencana kuno yang menjadi penyebabnya.

Namun belum lama ini, sebuah studi baru yang melibatkan hasil analisis 38 kerangka justru mengungkapkan fakta berbeda. Menurut hasil analisis, orang-orang tersebut berasal dari beberapa kelompok berbeda yang menginjakkan kaki di wilayah tersebut selama 1.000 tahun.

Baca Juga: Punya Wajah Aneh, Ikan Ini Diyakini sebagai Makhluk Mitos Penghuni Danau Dalam

“Melalui penggunaan analisis biomolekuler, seperti DNA purba, rekonstruksi makanan isotop stabil, dan penanggalan radiokarbon, kami menemukan bahwa sejarah Danau Roopkund lebih kompleks daripada yang pernah kami perkirakan,” tutur ahli genetika Harvard Medical School David Reich.

Dari kerangka yang mereka analisis, 23 diketahui berasal dari India saat ini, 14 lainnya dari Kreta dan Yunani dan satu individu lagi kemungkinan berasal dari Asia Tenggara.

“Kami sangat terkejut dengan genetika kerangka Roopkund,” ujar ahli biologi evolusi Eadaoin Harney dari Harvard University.

“Kehadiran individu-individu dengan leluhur yang biasanya terkait dengan Mediterania timur menunjukkan bahwa Danau Roopkund bukan hanya tempat yang menarik bagi orang lokal, tetapi juga menarik pengunjung dari seluruh dunia,” imbuhnya kemudian.

Dan apa tepatnya yang menjadi daya tarik orang-orang tersebut untuk datang ke Danau Roopkund masih tetap menjadi misteri besar berabad-abad lamanya.