Bandingkan Video Viral UAS dengan Kasus Meliana, Anggun C Sasmi Dihujat Massal


SURATKABAR.ID – Belum lama ini, penyanyi Anggun C Sasmi ikut-ikutan mengomentari viralnya ceramah Ustaz Abdul Somad yang dianggap menista agama. Ia menggunakan kasus yang menimpa Meliana sebagai pembanding kasus yang terjadi saat ini.

Diketahui, Meliana juga pernah dilaporkan karena dianggap melakukan penistaan terhadap Agama Islam. Pengadilan Negeri Medan menyatakan dirinya bersalah dan menjatuhkan vonis kurungan penjara selama 1,5 tahun.

Anggun menuliskan, “Meliana & Somad. Minoritas VS Mayoritas #Kenyataan,” pada feed akun media sosial Instagram pribadi miliknya, pada Rabu (21/8), seperti dikutip dari laman Detik.com.

Sekedar pengingat, masalah yang menjerat Meliana berawal ketika ia meminta agar volume masjid dikecilkan. Akan tetapi permintaannya itu malah dianggap merendahkan dan menistakan agama Islam.

Dari masalah itulah, Anggun C Sasmi membagikan kisah dirinya yang merupakan pemeluk Islam dan harus tinggal di negara lain sebagai kaum minoritas.

Baca Juga: Klarifikasi UAS Terkait Kontroversi Video Ceramahnya yang Dianggap Menista Agama

Saya tinggal di Paris, saya Muslim dan minoritas di negeri Prancis. Di awal karir, saya pernah dianjurkan untuk tidak memberi tahu tentang agama saya agar agama2 lain yang menjadi mayoritas tidak merasa terganggu. Dari sini lah saya mulai mengerti arti kata “minoritas”,” tuturnya.

Lantaran hidup sebagai minoritas, diakui Anggun, dirinya dapat belajar berempati kepada mereka yang mengalami hal serupa seperti dirinya, yakni dengan selalu mengalah agar tidak dianggap sebagai pengganggu bagi mereka yang mayoritas.

Karena sangat merasakannya, dan hingga saat ini saya selalu mempunyai empati kepada mereka yang harus terus mengalah supaya tidak “mengganggu” yang jumlahnya lebih banyak. Lebih banyak belum tentu berarti benar,” tukas penyanyi yang menikah dengan pria asing tersebut.

Akan tetapi rupanya komentar tersebut justru membuat Anggun diterpa hujatan dari publik. Meski begitu, wanita berambut hitam panjang ini mengaku tak peduli dengan hujatan yang datang dari orang-orang tak dikenalnya tersebut. Ia malah memanjatkan dia agar semuanya bahagia dan dipenuhi cinta.

“Hai kalian yang suka keroyokan menghujat, saya nggak kenal dan nggak mau juga kenal kalian. Semoga satu hari hidup kalian sebahagia hidup saya supaya kebencian yang kalian punya bisa menjelma menjadi cinta,” tulis Anggun dalam unggahan di Instagram miliknya.

Dan karena postingan tersebut, Anggun dihujadi sindiran pedas oleh warganet. Dan dia memberikan balasan netizen dengan komentar yang tak kalah menohoknya.

Makanya kalau gak mau di bully dn di keroyok jangan banding bandingin UAS dgn meilani jelas beda… lah UAS menjelaskan sesuai yg ada dDi Alqur’an umat islam dn meilani melarang Suara azan atau apalah… suara Azan sudah ada dri dulu sebelum imdonesia merdeka suara azan sudah ada dri dulu nya,” komentar akun bernama @puput**mpum.

“Halooo… nggak capek mbak ngomongnya itu2 melulu,” balas Anggun tak mau kalah.