Curhat Netizen Uang 10 Juta Simpanannya Dimakan Rayap, Begini Nasibnya Setelah Dibawa ke BI


SURATKABAR.ID – Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, banyak cara untuk menyimpan uang. Bahkan uang elektronik sudah merajalela. Meskipun begitu, masih ada saja orang-orang yang menyimpan uangnya secara manual di dalam celengan ataupun di lemari. Alih-alih awet, uang tersebut malah habis dimakan rayap. Seperti cerita seorang netizen yang memiliki akun @putribuddin di Twitter.

Dilansir dari Tribunnews.com, pemilik akun tersebut bertanya kepada para followernsya apakah uang-uang yang sudah rusak dimakan rayap bisa ditukar ke bank sembari memberikan foto beberapa bundle uang yang kondisinya mengenaskan.

“Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedi banget sumpaaa. Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys? Huhu,” cuit akun tersebut di Twitter

Baca juga: Viral Video Dua Anak Curi Uang di ATM, Pengakuan Para Korban Mengejutkan

Cuitannya tersebut menjadi viral. Dan tak sedikit netizen lainnya menyarankan untuk menukarkanya ke Bank Indonesia (BI). Uang tersebut terpisah dalam dua bundle besar dengan total mencapai 10 juta. Satu bundle sudah dalam kondisi yang mengenaskan. Satu bundle lainnya sedikit lebih baik dengan jumlah Rp5,4 juta.

Singkat cerita, Putri akhirnya menukarkan uangnya ke Bank Indonesia pada Senin (19/8/2019). Awalnya ia mengaku kurang percaya diri dan pesimis dengan kondisi uang yang dibawanya. Kebanyakan yang datang menukarkan uang receh ataupun kusut, tidak sepertinya yang membawa uang dimakan rayap.

Pas nomor gue dipanggil, jujur bgt gue deg-degan.

Gue ngeluarin duitnya ati2 bgt krn udah serapuh dan separah itu.

Mas-mas yang ngelayanin gue mukanya sedih tp mau ketawa, gue juga gitu, ngerasa lucu tapi nyesek gitu lohh.

Tapi mas-masnya baik, ngebantu banget sih parah.,”¬†lanjutnya.

Baca juga: Relationship Goals Banget! Berhasil Kumpulkan Uang Rp 265 Juta Bersama Pacar, Perjuangan Pasangan Ini Jadi Viral

Satu bundle uang tersebut kemudian diperiksa oleh petugas dengan menggunakan alat. Fungsinya adalah membaca kelayakan dan keutuhan uang secara fisik. Jika diperiksa kelayakannya mencapai 68 persen, uang tersebut masih bisa diganti dengan yang baru.

Setelah beberapa saat penghitungan, uang yang tadinya 1 bundle berjumlah 5,4 juta tersebut yang bisa diselamatkan hanya Rp1 juta saja. Sementara uang yang tak bisa diganti, bisa menjadi kenang-kenangan Putri. Kita bisa mengambil pelajaran yang berharga atas kisah yang terjadi ini ya.