Tawarkan Gaji Selangit, Ini 6 Pekerjaan Paling Berisiko Karena Bisa Tingkatkan Risiko Kanker


SURATKABAR.ID – Memiliki pekerjaan bagus dengan gaji tinggi menjadi impian setiap orang. Apalagi pekerjaan tersebut bisa menjamin hidup kita di masa tua. Namun ternyata tidak semua pekerjaan bisa membawa kebaikan bagi para pelakunya, loh.

Seperti dirangkum dari laman Grid.ID, Selasa (20/8/2019), ada beberapa pekerjaan yang meski menawarkan gaji selangit, namun juga terbukti meningkatkan peluang Anda terkena kanker jika dibandingkan dengan orang yang punya pekerjaan tertentu. Wah, kok, bisa?

Berikut ini 6 pekerjaan dengan gaji besar yang juga berpeluang tinggi bagi pekerjanya terkena kanker. Apa saja, ya?

1. Pramugari atau Pramugara

Menurut studi yang dipublikasikan melalui jurnal Environmental Health, mereka yang bekerja sebagai kru kabin, sering terpapar radiasi ion pada ketinggian. Hal ini menyebabkan mereka lebih mudah terkena kanker, terutama kankerpayudara, servix, rahim, tiroid, usus besar, perut, hati, hingga pankreas.

2. Pilot

Baca Juga: Mantap Gila! Ini Daftar Pekerjaan Unik dengan Bayaran Selangit, Ada yang Digaji Rp 1 M Lebih

Tak berbeda dengan pramugari atau pramugara, menjadi pilot juga sama berbahayanya bagi kita karena berpeluang meningkatkan kanker.

Dibandingkan dengan teknologi berjemur mana pun, kokpit yang selama ini dikira sebagai tempat aman dan menjadi area paling rahasia ini rupanya jauh menyimpan bahaya untuk kulit kita.

Menurut data yang dirangkum dari JAMA Dermatology, para pilot 2 kali berpeluang terkena kanker kulit dari pada orang-orang biasa yang tidak menggunakan tabir surya sehari-hari. Waduh!

3. Pemadam Kebakaran

Harus menghadapi bahaya yang tinggi, tak heran gaji pemadam kebakaran juga besar. Namun peluang mereka terkena kanker juga tak kalah besarnya. Hal tersebut bisa terjadi lantaran sebagai pemadam kebakaran berisiko menghirup material tertentu yang terbakar.

Misalnya plastik yang terbakar, akan ada gas beracun yang diproduksi dan kemudian terhirup pemadam kebakaran. Jika mereka sering menghirup gas tersebut, tentu bukan hal yang aneh jika mereka ini jauh lebih mudah terkena kanker daripada yang bekerja di bidang lain.

4. Pekerja Laboratorium

Mulai dari peneliti, pekerja pabrik, bahkan termasuk juga para asisten rumah tangga ternyata berpeluang kena kanker. Pasalnya mereka setiap hari menghidup atau bahkan bersentuhan dengan bahan-bahan kimia setiap hari.

Hal tersebut membuat daya tahan tubuh mereka pun menurun terhadap serangan semua racun. Inilah yang kemudian menyebabkan para pekerja laboratorium, termasuk asisten rumah tangga, lebih berisiko terkena kanker.

5. Astronot

Mungkin Anda berpikir, akan seru jika menjadi seorang astronot. Bisa langsung merasakan seperti apa luar angkasa itu, dan menyaksikan pemandangan yang jauh berbeda daripada ketika ada di bumi. Namun siapa sangka menjadi astronot juga termasuk hal yang berbahaya. Bagaimana bisa?

Pada saat astronot meninggalkan bumi, mereka akan terpapar radiasi ion dari luar angkasa, sama seperti yang dirasakan para kru kabin dan pilot. Namun dengan level yang jauh lebih tinggi dan membahayakan. Tak hanya berpeluang kena kanker, para astronot juga bakal merasakan mutasi sel tubuh, loh!

6. Penata Rambut

Kalau yang ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Karena merawat rambut membutuhkan bahan kimia dengan aroma menyengat. Bagi orang biasa hal tersebut mungkin tidak akan memberi pengaruh apa pun. Namun berbeda untuk penata rambut yang setiap hari berkutat dengan produk-produk ini.

Menghirup aroma kimia yang kuat setiap hari, membuat mereka berisiko terkena kanker. Itulah sebabnya setiap salon diharuskan memiliki ventilasi udara yang baik. Dan bagi para penata rambut wajib mengenakan masker serta sarung tangan.