Sering Dianggap ‘Penjahat’, Ini Dia Trik Nikmati Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Tinggi


SURATKABAR.ID – Siapa yang bisa menolak gorengan. Disajikan saat baru turun dari penggorengan dan cabe rawit, yang namanya gorengan selalu bikin siapa saja lupa diri.

Gorengan selalu dianggap sebagai ‘penjahat’ jika berbicara soal kesehatan jantung. Makan terlalu banyak goreng-gorengan senantiasa dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, serangan jantung, dan masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

Padahal tidak selamanya demikian, loh. Karena sebenarnya gorengan tetap bisa dinikmati tanpa membuat tubuh menerima dampak negatifnya. Setidaknya, demikian pendapat dokter ahli jantung dari Siloam Hospitals Lippo Village dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA.

Dalam sebuah video terbaru, ditukil dari laman Detik.com pada Selasa (20/8/2019), dr Vito membagikan resep menikmati bakwan goreng dengan saus kacang tanpa perlu cemas dengan kolesterol yang akan meningkat.

Baca Juga: Ternyata Mudah! Dengan 4 Tips Sederhana Bisa Bedakan Gorengan Asli dan yang Pakai Plastik

Caranya adalah dengan menghidup dalam-dalam aroma bakwan goreng, lalu segera minum air mineral banyak-banyak.

Jadi bakwan gorengnya tidak dimakan? Tentu saja tidak. Karena yang namanya gorengan tidak baik untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi berlebihan.

Namun dengan hanya menghirup arima dan memandangi lekat-lekat kilatan minyak di permukaan, kenikmatan makan gorengan menurut dr Vito sudah bisa didapatkan, kok.

“Air yang banyak akan membuat kita kenyang, dan sensasi baunya membuat kita bisa menikmati bakwan goreng tanpa meningkatkan kolesterol,” tuturnya, dikutip dari Detik.com.

Eits, jangan buru-buru merasa tertipu dengan tips ini. Karena menurut dr Vito, kiat ini didasari oleh teori mengenai fisiologi. Mekanisme kerja otak manusia, menurutnya, sangat mudah untuk diakali dengan cara seperti itu.

We would hack it,” tegasnya kepada detikHealth, pada Selasa (20/8).

Nah, bagaimana menurut Anda para pecinta gorengan sejati, nih?