Video Pria Tidak Berdiri Saat Nyanyikan Indonesia Raya di Kereta Viral, Begini Penjelasan KAI


SURATKABAR.ID – Sebuah video yang memperlihatkan seorang penumpang kereta api tak berdiri ketika ‘Indonesia Raya’ dikumandangkan beredar di media sosial. PT KAI memang mengajak para penumpang kereta untuk memperingati kemerdekaan RI dengan ikut menyanyikan lagu kebangsaan.

Dalam video tersebut, ditukil dari laman Detik.com pada Minggu (18/8/2019), seorang pria tampak sedang duduk sambil memegang tas di pangkuannya. Pandangannya terpaku ke arah jendela. Seorang yang merekam video lalu mengarahkan kamera pada penumpang lainnya.

Terluhat para penumpang lainnya berdiri sementara pengeras suara di dalam gerbong kereta memutar lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) I Eva Chairunisa mengungkapkan PT KAI tak mengharuskan para penumpangnya berdiri ketika lagu kebangsaan diputar pada 17 Agustus 2019 kemarin.

Baca Juga: Rossa Minta Maaf Atas Kesalahan Saat Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Memang sebenarnya, seperti diungkapkan Eva, ajakan tersebut disampaikan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74.

“Diimbau (untuk berdiri), jadi kami sifatnya mengajak yang berkenan,” jelas Eva ketika dihubungi pada Minggu (18/8) untuk dimintai konfirmasi.

Sementara itu, terkait video yang menunjukkan seorang pria bergeming di tempat duduknya ketika ‘Indonesia Raya’ dikumandangkan, Eva menolak memberikan spekulasi apa pun.

Ia mengatakan, mungkin saja pria tersebut memiliki satu alasan tertentu yang berkaitan dengan kesehatannya.

“Kalau terkait hal tersebut mungkin ada alasan tertentu dari setiap pengguna, mungkin saja sedang kurang sehat atau hal lainnya,” ujarnya kemudian.

“Yang pasti kami mengajak dan mengimbau penumpang sebagai bentuk peringatan hari kemerdekaan dan penghargaan untuk para pejuang kemerdekaan, penumpang untuk ikut berdiri menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’,” imbuh Eva lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya, PT KAI Daop 9 Jember mengajak penumpangnya untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan penuh khidmad sebagai pengganti upacara bendera memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Sabtu (17/8), pagi tepat pukul 10.00 WIB.

Di bawah pimpinan kondektur perjalanan kereta api, para penumpang diajak berdiri dan memasang sikap siap. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Para penumpang bernyanyi dengan khidmad sebagai bentuk menumbuhkan nasionalisme.

“Memperingati HUT ke-74 RI, tepat pukul 10.00 WIB serentak di sekuruh kereta api dilaksanakan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ di semua kereta api,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arief.