Bendera Bertulis ‘PKI’ Berkibar di Kalbar Gegerkan Warga, Pelaku Ternyata…


SURATKABAR.ID – Warga digegerkan oleh aksi seorang pria di Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang mengibarkan bendera berwarna kuning dengan tulisan ‘PKI’. Pria tersebut akhirnya diamankan oleh anggota kepolisian.

Seperti ditukil Detik.com dari Antara, Minggu (18/8/2019), anggota Reskrimum Polda Kalbar berhasil menangkap pria berinisial TFS (76), Sabtu (17/8) kemarin. TFS sendiri merupakan warga yang tinggal di Jalan Adi Sucipto, Gang Glamboyan 2, Kecamatan Sungari Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

TFS diamankan lantaran memasang enam lembar bendera berwarna kuning yang bertuliskan ‘PKI’ dengan cat merah. Bendera yang dikibarkan di sekitaran Gang Flamboyan 2 tersebut memiliki ukuran 1 X 1,5 meter. Sementara salah satu benreda juga terpasang di kediaman TFS.

Tak hanya itu, dari hasil penangkapan terhadap TFS, polisi juga berhasil menyita 11 lembar kain kuning lengkap dengan tulisan ‘PKI’ yang ditulis menggunakan cat merah.

Baca Juga: Bocah SD Santai Pakai Kaos Palu Arit di Lingkungan Polres, Begini Faktanya

Ada juga barang bukti berupa 3 keping seng biru yang ditulisi ‘PKI’, 1 kaleng cat berwarna merah, 2 potong asbes yang telah dicetak tulisan ‘PKI’ serta sebilah pisau berukuran 12 inci.

Polisi menginterogasi dua anak kandung TFS yang berstatus sebagai saksi. Menurut keterangan yang didapatkan dari keduanya, ayahnya, TFS ternyata telah menderita gangguan jiwa sejak lima tahun yang lalu.

Sekali waktu terkadang TFS sadar dan sehat, namun ketika penyakitnya kambuh kembali maka saat itulah ia akan berulah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Barat Kombes (Pol) Donny Charles Go mengungkapkan bahwa TFS saat ini sudah ditahan di Mapolda Kalbar guna dimintai keterangan lebih lanjut mengenai apa tujuan dan maksud aktivitas yang ia lakukan hingga menyebabkan warga setempat geger tersebut.