Klarifikasi UAS Terkait Kontroversi Video Ceramahnya yang Dianggap Menista Agama


SURATKABAR.ID – Ustaz Abdul Somad akhirnya buka suara memberikan klarifikasi terkait cuplikan ceramahnya yang beberapa waktu lalu menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut UAS menjawab pertanyaan dari jemaah, namun yang disampaikan beliau menuai pro dan kontra.

Netizen terlihat ramai meninggalkan komentar di akun Instagram resmi milik Ustaz Abdul Somad, @ustadzabdulsomad_official. Bahkan sempat tersiar kabar bahwa UAS sampai dilaporkan sekelompok orang ke Polda NTT lantaran video tersebut.

Kini setelah cuplikan video tersebut viral dan menyita perhatian publik, UAS akhirnya angkat bicara. Setidaknya ada 3 poin klarifikasi UAS terkait video viral tersebut, seperti yang ditukil dari laman Tribunnews.com pada Minggu (18/8/2019).

1. Jawaban Pertanyaan Jemaah

UAS menjelaskan kronologi dirinya melontarkan pernyataan yang akhirnya menjadi kontoversi tersebut. “Itu saya menjawab pertanyaan. Bukan saya membuat-buat untuk merusak hubungan,” ujarnya. “Ini yang perlu dipahami dengan baik,” imbuh UAS.

Baca Juga: Doa Pastor Gilbert untuk UAS Terkait Ceramah Salib yang Viral

2. Kejadian Berlangsung di Masjid

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa video tersebut direkam di dalam masjid, tepatnya di Masjid Agung an-Nur Pekanbaru dan dikhususkan bagi umat Islam saja. “Itu bukan tabligh akbar semisal di lapangan terbuka atau disiarkan melalui stasiun TV,” jelasnya, Sabtu (17/8) kemarin.

3. Cuplikan dari Video Lama

Poin terakhir yang diungkapkan UAS terkait video tersebut adalah, itu merupakan rekaman yang diambil 3 tahun lalu. “Kenapa diviralkan sekarang? Kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, UAS juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan sembunyi atau melarikan diri dari masalah. Ia mengaku tak akan mengadu ke pihak mana pun dan telah siap menghadapi segala konsekuensi.

“Saya tidak akan takut karena saya merasa tidak bersalah dan tidak pula bermaksud merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” demikian akhir klarifikasi UAS dalam video yang dibagikan oleh pemilik akun Twitter @intanRatuaja12.

Unggahan tersebut langsung banjir reaksi dan telah diretweet hingga lebih dari 1400 kali hingga menampung lebih dari 2400 likes. Beragam komentar yang disertai tagar #KamiBersatuBersamaUAS pun ramai memenuhi postingan video ini.

We Love Him! I’m Catholic but I’m Bhinneka Tunggal Ika.. so i truly loves him, God Bless Ustadz Abdul Somad, Amen! #KamiBersatuBersamaUAS,” tulis akun @EnricoAlezandro.

Alhamdulillahirrabbil’alamiin Allahu Akbar… Bersama dukung UAS #KamiBersatuBersamaUAS,” komentar @WidayatiDida.

Harusnya UAS ga perlu klarifikasi.. Beliau sudah dalam posisi benar, memang ada pihak yang sengaja untuk mengacak2 persatuan.. #KamiBersatuBersamaUAS,” ujar @Jenderal002.

Aq mah yakiiiin bangt ustaz. Allah brsama orng” yg beriman & brtakwa ustaz.. smoga Allah slalu melindungi antum ustaz.. (emoticon),” ungkap @diyaresta.