Ada Pejabat Lelet dan Bandel, Jokowi: Akan Saya Copot Detik Itu Juga


SURATKABAR.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dalam lima tahun ke depan, dirinya akan fokus mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, membuka investasi seluas-luasnya, serta penggunaan APBN yang fokus dan terukur.

Jokowi mengaku bakal mengawal secara langsung reformasi birokrasi, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat serta perizinan. Ia dengan tegas menyatakan akan memecat para pejabat yang lambat dan bandel saat memberikan pelayanan kepada rakyat.

“Akan saya ikuti, dan saya pastikan akan saya potong (birokrasi yang berbelit). Kalau pejabatnya masih bandel, masih lelet dalam memberikan pelayanan perizinan, betul-betul akan saya copot detik itu juga,” kata Jokowi, di Istana Merdeka, Kamis (15/8/2019), dikutip dari cnnindonesia.com.

Meskipun demikian, Jokowi mengatakan beban dirinya memimpin RI pada periode kedua semakin berat. Kondisi global, seperti geopolitik dan geoekonomi, adalah beberapa faktor yang ia anggap menjadi tekanan ketika ingin mengambil kebijakan.

Di sisi lain, Jokowi juga tak ingin bangsa Indonesia terpengaruh ideologi dari luar yang bertentangan denga Pancasila. Menurutnya, tak ada tempat bagi ideologi yang mengandung radikalisme dan intelorensi untuk berkembang di Bumi Pertiwi.

“Yang jelas beban akan semakin berat karena memang situasi ekonomi global sedang tidak pasti, sedang tidak menentu. sehingga betul-betul ini apa mematangkan, mendetailkan program ke depan itu harus betul-betul selalu terus disesuaikan. Karena perubahan zaman, perubahan geopolitik, geoekonomi yang sering kita tidak duga, sering banyak negara itu terkejut-kejut,” katanya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaIbu Hamil Dapat Obat Kedaluarsa dari Puskesmas, Kok Bisa?
Berita berikutnyaCermahnya Dianggap Menista, Ustad Abdul Somad Dilaporkan Polisi