Wah, Ternyata Begini Cara Memecahkan Telur yang Benar


SURATKABAR.ID – Mungkin memecahkan telur terlihat sebagai pekerjaan yang sangat mudah. Tapi ternyata sering kali orang melakukan kesalahan ketika mereka memecahkan telur. Karena sebenarnya, untuk memecahkan telur ada tekniknya sendiri, loh.

Ya, memecahkan telur memang terbilang mudah, namun, seperti ditukil laman Detik.com pada Senin (12/8/2019) dari laman Today, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memecahkan telur.

Begitu banyak orang yang menggunakan pinggiran mangkuk untuk membantu memecahkan cangkang telur. Padahal cara ini sangatlah tidak dianjurkan. Mengapa? Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan serpihan dari cangkang telur masuk ke dalam wadah dan bercampur dengan isi telur tersebut.

Sebaiknya Anda memecahkan telur di atas permukaan datar, seperti meja. Cangkang akan retak dan rapuh. Nah, dengan begitu Anda bisa dengan mudah membuka cangkang telur tersebut menggunakan tangan. Setelah itu Anda baru bisa menuangkan isi telur ke dalam mangkuk atau wadah.

Baca Juga: Jangan Kaget! Kulit Telur Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga

Cara tersebut tak hanya menghindarkan Anda dari serpihan cangkang telur yang tidak diinginkan tercampur di dalam wadah, namun juga membuat tekstur telur lebih bagus ketika dimasak. Anda pun akan lebih mudah memisahkan bagian putih dan kuning telurnya.

Lalu mana yang lebih baik antara memecahkan telur dengan satu tangan atau dua tangan?

Untuk hal ini sebenarnya tak ada peraturan khusus. Jika Anda masih awam, sebaiknya gunakan dua tangan untuk memecahkan telur. Namun untuk para koki berpengalaman, teknik satu tangan bisa dilakukan. Cara ini dinilai lebih praktis karena dapat menghemat cukup banyak waktu.

Kiat Menyingkirkan Cangkang yang Tercampur di Telur

Jika sudah berhadapan dengan serpihan cangkang yang bercampur di dalam isi telur, siapa pun pasti akan merasa jengkel. Karena memang untuk menyingkirkan serpihan tersebut membutuhkan tenaga yang ekstra. Eits, coba intip trik di bawah ini dulu, deh!

Untuk mengambil serpihan cangkang telur yang tercampur, pastikan tangan Anda benar-benar dalam kondisi bersih agar bakteri dari tangan Anda tak menyebar ke isi telur. Selain itu, pastikan tangan Anda juga dalam kondisi benar-benar basah.

Pasalnya, putih telur cenderung menempel di kulit yang kering. Dan hal ini tentunya akan semakin menyulitkan Anda mengambil serpihan dari cangkang telur tersebut. Atau Anda bisa menggunakan teknik lain yang mudah adalah, yakni dengan saringan telur.