Rilis Sketsa Wajah Buronan Polisi Dicibir Karena Mirip Coretan Anak Kecil, Namun Kemudian…


SURATKABAR.ID – Polisi biasanya akan menggunakan sketsa wajah sebagai salah satu media yang memudahkan dalam pencarian penjahat atau buronan. Umumnya sketsa wajah pelaku kejahatan anak dibuat semirip mungkin dengan yang asli. Namun berbeda dengan kejadian yang satu ini.

Pasalnya, seperti ditukil dari laman Grid.ID, pada Kamis (8/8/2019), polisi Pennsylvania, Amerika Serikat, justru merilis sketsa wajah seorang pelaku pencurian dengan wajah yang sangat melenceng jauh dari wajah asli si penjahat. Jika dilihat sketsa wajah tersebut lebih mirip dengan gambar kartun anak-anak.

Rupanya hasil sketsa tersebut merupakan buatan seorang saksi mata. Alih-alih membuat sketsa wajah baru yang lebih layak, polisi kota Lancaster malah langsung merilis gambar kartun tersebut bersamaan dengan deskripsi ciri-ciri pelaku.

Terlihat pada gambar sketsa yang dibuat oleh saksi terlihat wajah seorang pria dengan titik mata, garis untuk hidung, dan sedikit coretan untuk menggambarkan rambut yang ditutupi topi.

Baca Juga: Kabur dan Jadi Buronan Polisi, Model Tampan Malah Eksis di Bali Berkat Usaha Ini

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari polisi, tersangka diyakini merupakan orang Asia atau Amerika Selatan dengan tinggi badan 5 kaki 4 inci atau sekitar 152 cm. Usianya diperkirakan antara 30 hingga 40 tahunan.

Ciri-ciri lain, disebutkan bahwa tersangka memiliki rambut hitam dan tulang pipi yang lebar.

Akan tetapi melihat sketsa wajah buronan yang dirilis polisi tersebut, pengguna media sosial Facebook justru menuliskan komentar menggelitik. Seorang warganet menuliskan sketsa tersebut terlihat mirip seperti musisi populer. Ia bahkan menyebutkan album yang telah dikeluarkan sang musisi.

Saya langsung memikirkan salah satu penyanyi favorit saya … .Jason Mraz! Hahahahaha! Album itu berjudul we sing, we dance, we STEAL things,” timpal salah seorang pengguna.

Bahkan ada pengguna lainnya yang bercanda dan mengatakan bahwa sosok dalam foto tersebut tampak seperti orang yang ia kenal. “Orang itu terlihat seperti teman sekamar saya,” tulisnya. Ia juga membandingkan sketsa tersebut dengan foto wajah teman yang ia maksud.

Menanggapi tanggapan para pengguna media sosial, polisi menegaskan bahwa tujuan mereka merilis skesta wajah buronan itu bukanlah untuk dijadikan bahan candaan. “Kami merilis semua detail tersebut di akun polisi kami dengan harapan seseorang mengenali tersangka,” dikutip dari Lancaster Online.

“Ini tidak dilakukan dengan bercanda.”

Adapun sketsa wajah yang diberikan saksi memang terlihat seperti hasil goresan orang amatir karena mirip dengan sosok kartun. Namun justru dari sketsa tersebut polisi akhirnya menemukan titik terang dan berhasil menemukan seseorang yang diduga pelaku, Hunt Phuoc Nguyen (44).

Nguyen diidentifikasi dan didakwa dengan kasus pencurian. Untuk menangkap pelaku, surat perintah pun dikeluarkan. Melihat polisi akhirnya berhasil mengamankan penjahat berbekal sketsa wajah tersebut, semua orang pun hanya bisa bungkam.