Tak Disangka! Enzo Allie Kuat Terindikasi Simpatisan HTI, Lihat Postingan Lawasnya di Facebook


SURATKABAR.ID – Blasteran Prancis Indonesia, Enzo Zenz Allie, tengah menjadi sorotan pembicaraan publik setelah berhasil lulus menjadi Taruna Akmil TNI. Namun belum lama berselang ia kini malah tersandung kasus gara-gara postingannya di akun media sosial Facebook.

Enzo, seperti dilansir dari laman Trinunnews.com pada Kamis (8/8/2019), dicurigai ada kaitannya dengan organisasi masyarakat (ormas) terlarang di Indonesia, yakni Hizbut Thahrir Indonesia (HTI). Ia terindikasi sebagai simpatisan HTI.

Dan untuk saat ini pihak TNI tengah melakukan pendalaman informasi terkait hal itu. “Terima kasih infromasinya, kami sedang mendalami,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Sisriadi ketika dihubungi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (7/8) lalu.

Namun demikian, Sisriadi dengan tegas mengatakan bahwa lembaganya memiliki seleksi yang sangat ketat. Bahkan apabila ada orang yang baru mau memasuki tahapan awal rekrutmen, maka pihak TNI bakalan melakukan penelusuran terhadap latar belakangnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Viral Keturunan Prancis Mantan Santri Lulus Jadi Akmil, Orang Terdekat Enzo Bongkar Fakta Mengejutkan Ini

“Dalam sistem seleksi TNI ini, kita ada namanya seleksi mental ideologi. Itu seleksi yang pertama ada pertanyaan tertulis. Kita juga telusuri aktivitas dia di media sosial, terus diadakan wawancara,” tutur Sisriadi lebih lanjut.

Usai videonya dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, sosok sang blasteran Prancis kembali jadi sorotan. Kali ini karena unggahan pemilik akun Facebook, Salman Faris. Ia membagikan latar belakang Enzo yang diduga merupakan simpatisan HTI.

Penasaran dengan sosok Enzo Ellie. Remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng nyari akun FB-nya, wah ngeri-ngeri sedap juga rupanya. Anak ini bersama ibunya yang bernama Hadiati Basjuni Ellie terindikasi kuat sebagai simpatisan HTI. Pendukung khilafah dan anti pemerintahan. Kalau ayahnya sendiri yang berkebangsaan Perancis, menurut informasi telah wafat. Bukan apa-apa, sekedar kewaspadaan saja. Jangan sampai TNI ‘memelihara’ anak ular,” demikian bunyi caption yang menyertai unggahan dari admin akun tersebut.

Penasaran dengan sosok Enzo Allie. Remaja belasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng…

Posted by Salman Faris on Tuesday, August 6, 2019

Ryamizard Ryacudu: Jika Terbukti, Pecat!

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta TNI untuk langsung memberhentikan Enzo Allie sebagai Taruna Akmil jika ia benar terbukti sebagai pendukung HTI. “Kalau benar (simpatisan HTI), saya suruh berhenti-in,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta,” Rabu (7/8).

Ia mendapat informasi bahwa saat ini TNI tengah menelusuri latar belakang Enzo Allie. Mantan KSAD ini meyakini bahwa TNI tak akan pernah mentolerir jika Enzo Allie benar terbukti merupakan simpatisan organisasi terlarang di Indonesia.

“Makanya dicek dulu. Kalau dia benar-benar khilafah, ya enggak ada urusan,” ujarnya kemudian.

Pensiunan jenderal bintang empat ini lantas menyatakan bahwa tindakan tegas berupa pemberhentian tersebut tak hanya berlaku  bagi Enzo Allie. Jika ada yang terindikasi mendukung khilafah, seluruh prajurit TNI juga bakal langsung dipecat.

“Pecat saja. Orang mendukung Pancasila kok. Itu (pendukung khilafah), namanya pengkhianat,” pungkasnya tegas.